Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangdam Jaya Pimpin Urban Farming 'Pangan Kuat Masyarakat Sehat' di Taman Keyla Kebayoran Lama

Acara yang berlangsung di Taman Keyla Kebayoran Lama ini mendapat sambutan meriah dari anak sekolah dan tarian nandak ganjen adat Betawi, Jumat

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Pangdam Jaya Pimpin Urban Farming 'Pangan Kuat Masyarakat Sehat' di Taman Keyla Kebayoran Lama
Dok. Pendam Jaya
Pangdam Jaya Pimpin Urban Farming dengan Tema "Pangan Kuat Masyarakat Sehat" di Taman Keyla Kebayoran Lama 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan tema 'Pangan Kuat Masyarakat Sehat', Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mohamad Hasan memimpin acara Urban Farming secara serentak di wilayah Kodam Jaya/Jayakarta.

Acara yang berlangsung di Taman Keyla Kebayoran Lama ini mendapat sambutan meriah dari anak sekolah dan tarian nandak ganjen adat Betawi, Jumat (24/11/2023).

Pencanangan Urban Farming di Wilayah Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2023 dilaksanakan baik secara daring maupun luring di 31 titik jajaran Korem 051/WKT dan Korem 052/WKR, melibatkan Kodim dan Koramil jajaran wilayah Kodam Jaya.




"Urban Farming adalah konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan, dengan perbedaan utama terletak pada pelaku dan media tanamnya," ungkap Mohamad Hasan.

Urban farming atau urban agriculture dikatakan Mohamad Hasan adalah kegiatan budidaya tanaman di sekitar wilayah kota besar atau kota kecil untuk memperoleh bahan pangan atau kebutuhan lain serta tambahan finansial.

"Konsep ini berkembang sebagai respons terhadap berbagai masalah perkotaan, terutama semakin berkurangnya lahan pertanian akibat pembangunan," tuturnya.

Dalam acara Urban Farming, dilaksanakan penebaran bibit ikan mujair dan ikan nila, penanaman pohon terong, tomat, serta panen jagung, kacang panjang, terong, buah belimbing, kedondong, dan semangka.

BERITA TERKAIT

Selain itu, dilakukan peninjauan tanaman sayur-sayuran, diikuti dengan foto bersama saat panen ikan mas dan mujair. Pada kesempatan tersebut, Pangdam Jaya juga menyerahkan pupuk kepada masyarakat Kebayoran Lama.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Irdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, para asisten, Dandim 0504/JS, Kapolres Jakarta Selatan, Camat Kebayoran Lama, dan para Danramil Wilayah Jakarta Selatan.

Pangdam Jaya menyampaikan harapannya bahwa melalui Urban Farming, masyarakat dapat memiliki sumber pangan yang lebih berkualitas dan sehat.

Acara ini juga diakhiri dengan pengarahan dan sapaan kepada jajaran yang terlibat melalui video conference (vicon).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas