Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aksi Begal dan Pencurian Sering Terjadi di Jakarta, Polisi Imbau Warga Tidak Keluar Tengah Malam

Kasus ini menambah daftar tindak kriminal pencurian dengan kekerasan yang marak terjadi di beberapa kawasan Jakarta, terutama pada malam hari. 

Editor: willy Widianto
zoom-in Aksi Begal dan Pencurian Sering Terjadi di Jakarta, Polisi Imbau Warga Tidak Keluar Tengah Malam
Istimewa
Ilustrasi begal dan pencurian dengan kekerasan 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ramadhan LQ

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi kejahatan jalanan terus terjadi dan semakin marak. Kali ini seorang pria berinisial A dibacok oleh dua orang tidak dikenal di kawasan Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Baca juga: Seorang Perempuan di Bekasi Jadi Korban Begal Payudara, Ini Modus Pelaku

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa(15/10/2024) sekitar pukul 00.40 WIB. Saat itu A hendak membeli makanan di sebuah warung. Tiba-tiba datang dua orang yang berboncengan dengan sepeda motor melukai korban dengan senjata tajam, kedua pelaku kemudian merampas tas korban dan melarikan diri.

"Pada hari Selasa, 15 Oktober 2024, sekitar pukul 00.40 WIB, telah terjadi pencurian dengan kekerasan (curas) yang menimpa seorang pria di wilayah Kebayoran Lama," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan pada Rabu (16/10/2024).

"Korban yang sedang berjalan kaki ingin membeli makanan, tiba-tiba dua orang pelaku datang menghampiri korban," tambah Ade Ary.

Baca juga: Beraksi Dini Hari, Komplotan Begal Berparang Rampas Sepeda Motor di Pulo Gadung Jakarta Timur

Korban yang tergeletak di pinggir jalan kesakitan, segera mendapatkan perhatian dari warga sekitar yang kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

Ade Ary menyampaikan bahwa pihak kepolisian sudah menerima laporan terkait peristiwa ini dan kasus tersebut kini ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan.

BERITA REKOMENDASI

"Kasus saat ini ditangani Polres Metro Jakarta Selatan," tambahnya.

Pihak kepolisian kini sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi kedua pelaku yang masih buron.

Kasus ini menambah daftar tindak kriminal pencurian dengan kekerasan yang marak terjadi di beberapa kawasan Jakarta, terutama pada malam hari. 

Pihak kepolisian mengimbau kepada warga untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama ketika berada di luar rumah pada jam-jam rawan, seperti tengah malam.

Baca juga: Wanita yang Begal Taksi Online di Surabaya Beraksi Tanpa Bantuan, Polisi Temukan Ini di Ponselnya

Sementara itu, kondisi korban A dilaporkan cukup serius akibat luka bacok yang dideritanya. Ia kini menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Polda Metro Jaya bahkan sudah membentuk tim khusus (timsus) mengantisipasi begal dan aksi kejahatan jalanan lainnya di Jakarta dan sekitarnya. Pembentukan timsus dinilai efektif mengantisipasi tindak kejahatan itu.

Baca juga: Pria di Jakarta Timur Jadi Korban Perampasan Motor, Modus Pelaku Berpura-pura Jadi Debt Collector

Sebelumnya aksi kejahatan jalanan terjadi di kawasan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu(8/9/2024) dinihari lalu sekitar pukul 02.00 WIB.  Dua korban berinisial FA dan AA saling berboncengan naik Honda Vario.

Tak disangka keduanya ditembaki dari dalam mobil oleh kawanan begal. Karena panik satu korban jatuh dan lari ketakutan. Sementara satu korban ditarik ke mobil oleh pelaku begal, sementara Honda Vario dibawa kabur pelaku lain.

Baca juga: Sosok Maria Livia, Wanita Muda Begal Sopir Taksi Online di Surabaya, Butuh Duit Liburan ke Australia

Kejadian perampasan sepeda motor juga terjadi di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur pada Senin(7/10/2024) dinihari. Satu unit sepeda motor milik seorang korban inisial D dirampas kawanan begal. Peristiwa bermula ketika dua orang yang berinisial AR dan JI meminjam motor korban berinisial D untuk mencari makan. Ketika melintas di sekitar lokasi kejadian, mereka tiba-tiba dipepet oleh pelaku yang berjumlah 4 orang dan mengendarai 2 sepeda motor.

 

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas