Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peta Laut Elektronik Edisi Baru Akan Dirilis Untuk Tingkatkan Keselamatan Pelayaran di Selat Malaka

Harjo memaparkan bahwa dukungan Indonesia berupa data Hidrografi dalam bentuk ENC yang terpercaya dan terintegrasi antar negara

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Peta Laut Elektronik Edisi Baru Akan Dirilis Untuk Tingkatkan Keselamatan Pelayaran di Selat Malaka
GOOGLE MAP
Wilayah Indoensia-Malaysia di Selat Malaka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guna meningkatkan jaminan keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal yang melintas di Selat Malaka dan Selat Singapura, pada tahun 2019 ini Peta Laut Elektronik Selat malaka dan Selat Singapura akan dipublikasikan.

Hal tersebut merupakan pokok bahasan dalam Malacca Singapore Straits - Electronic Navigational Chart (MSS-ENC) Steering Committee Meeting yang berlangsung di Hotel Prama Sanur Beach, Bali, Selasa (19/2).

Pertemuan ini diikuti oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Jepang. Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, memimpin delegasi Indonesia dalam kesempatan itu.

Pada kegiatan MSS-ENC Steering Committee Meeting yang ke-12 ini, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah, dimana Indonesia menjabat sebagai koordinator dan administrator MSS-ENC menggantikan Singapura.

"Hal ini sebagai salah satu bentuk penghargaan tidak hanya dari negara- negara di kawasan Selat Malaka dan Singapura, namun juga dunia Internasional atas kemampuan dan dedikasi Indonesia untuk mendukung keselamatan bernavigasi di kawasan Selat Malaka dan Singapura," ujar Harjo, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/2/2019).

Baca: Peringkat YouTube Baim Wong Menyodok, Atta Halilintar Komentari Subscriber

Harjo memaparkan bahwa dukungan Indonesia berupa data Hidrografi dalam bentuk ENC yang terpercaya dan terintegrasi antar negara pembuat ENC di kawasan Selat Malaka dan Singapura, yang merupakan salah satu jalur pelayaran terpadat di dunia.

BERITA TERKAIT

Pada pertemuan kali ini, lanjutnya, dibahas mengenai rencana pembaruan MSS ENC (ENC Update Workshop) dari data hasil survei hidrografi dan oseanografi bersama yang telah dilaksanakan pada Tahun 2018.

Adapun kegiatan pembaruan MSS ENC ini, akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 di Jakarta.

Ia mengatakan kegiatan ENC Update workshop ini meliputi quality control/quality assurance data hasil survei hidrografi dan oseanografi serta validasi ENC sesuai dengan standar IHO S-58.

"Diharapkan pada Tahuny 2019 ini MSS ENC edisi baru akan di publikasikan untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Selat Malaka dan Selat Singapura," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas