Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elite Gerindra Tidak Permasalahkan Kedekatan NasDem dengan PKS

Menurut Dasco pertemuan antara dua partai yang berbeda kubu harus dimaknai secara positif. Selama, tujuan pertemuan dilandasi untuk kepentingan bangsa

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Elite Gerindra Tidak Permasalahkan Kedekatan NasDem dengan PKS
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa pertemuan antara Partai NasDem dengan PKS merupakan hal yang wajar.

Sama halnya dengan Gerindra yang melakukan komunikasi politik dengan semua partai baik yang ada di koalisi pemerintahan maupun di luar pemerintahan.

"Bagus saja, namanya silaturahmi kebangsaan, kemana-mana kan boleh. Dia ke Gerindra sudah, ke tempat lain kan juga bagus. Begitu juga kan Gerindra, Gerindra kan sudah kemana-mana juga. Baik-baik saja dong," kata Dasco di Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (1/11/2019).

Menurut Dasco pertemuan antara dua partai yang berbeda kubu harus dimaknai secara positif. Selama, tujuan pertemuan dilandasi untuk kepentingan bangsa.

"Kita harus melihat itu sebagai hal yang positif untuk membangun bangsa," katanya.

Terkait dengan kemungkinan koalisi antara NasDem dengan PKS, menurut Dasco sah sah saja. Setiap partai memiliki independensi untuk menentukan sikap dan menjalin kerjama politik.

BERITA TERKAIT

"Ya kalau soal poros itu tergantung kepentingan-kepentingan tapi kalau itu sepanjang itu sama-sama untuk membangun bangsa dan negara saya kira engga ada yang salah itu," katanya.

Sebelumnya, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersepakat berjuang bersama-sama dalam memperkuat fungsi pengawasan di DPR RI.

Kesepatanan itu tertuang dalam pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beserta jajaran DPP partainya dan Ketua Umum PKS Sohibul Iman beserta jajaran DPP partainya, di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam itu, menghasilkan tiga kesepakatan NasDem-PKS.

Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal pun membacakan hasil kesepakaran dimana kedua partai menghargai pilihan politik masing-masing tapi tetap berjuang bersama memperkuat demokrasi.

"Pertama, saling menghormati sikap konstitusional dan pilihan politik masing-masing partai. Partai NasDem menghormati sikap dan pilihan politik PKS untuk berjuang membangun bangsa dan negara di luar pemerintahan. Di saat yang sama, PKS juga menghormati sikap dan pilihan politik NasDem yang berjuang di dalam pemerintahan," kata Mustafa Kamal.

"Perbedaan sikap politik kedua partai tersebut tidak menjadi penghalang bagi NasDem dan PKS untuk berjuang bersama menjaga demokrasi agar tetap sehat dengan memperkuat fungsi checks and balances di DPR. Demokrasi yang sehat itu penting untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia, baik di bidang politik, ekonomi, keagamaan, pendidikan, kesehatan, budaya dan lainnya," tambahnya.

Kesepahaman kedua antara PKS dan NasDem, kata Mustafa, adalah soal kedaulatan NKRI.

PKS-NasDem tidak akan memberi tempat untuk gerakan separatisme, terorisme hingga radikalisme.

"Serta tidak memberikan tempat kepada tindakan separatisme, terorisme, radikalisme, intoleransi, dan lainnya yang bertentangan dengan 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Mustafa.

Ketiga, lanjut Mustafa, PKS-NasDem menyadari bangsa ini diperjuangkan oleh para pendiri bangsa dari kelompok nasionalis dan kelompok Islam.

"generasi penerus dari 2 komponen bangsa tersebut harus mampu menjaga warisan sejarah pendiri bangsa ini dengan saling menghormati saling memahami dan saling bekerja sama dalam rangka menjaga kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan partai atau golongan," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas