Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Eksklusif Tribunnews

Bambang Brodjonegoro Ikut Sibuk Perangi Covid-19: Rapid Test Produk Indonesia Akurasinya 90 Persen

Sebuah BUMN di Bandung, bakal melakukan uji klinis tahap 3 terhadap vaksin produksi sebuah perusahaan di China, Sinopec.

Bambang Brodjonegoro Ikut Sibuk Perangi Covid-19: Rapid Test Produk Indonesia Akurasinya 90 Persen
Tribunnews/Jeprima
Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro saat wawancara khusus dengan Tribun Network di Kantor Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020). Tribunnews/Jeprima 

INDONESIA tercatat sebagai negara yang paling banyak terdapat kasus Covid-19 di Asia Tenggara. Upaya paling mujarab untuk menghentikan penyebaran Covid-19 yaitu menggunakan vaksin.

Hingga saat ini belum ada vaksin dan obat Covid-19 yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun Bio Farma, sebuah BUMN di Bandung, bakal melakukan uji klinis tahap 3 terhadap vaksin produksi sebuah perusahaan di China, Sinopec.

Menteri Riset dan Teknologi-Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek-Kepala BRIN) Prof Bambang PS Brodjonegoro PhD, mengungkapkan kementerian yang dipimpinannya ikut terlibat aktif dalam upacaya penanggulangan wabah Covid-19.

"Kita tengah memproduksi sendiri test kit untuk rapid test dan mengembangkan Vaksin Merah Putih. Rapid test produk Indonesia akurasinya lebih dari 90 persen," ujar Bambang PS Brojonegoro dalam wawancara eksklusif dengan Tribun Network di kantornya, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Berikut pertikan wawancara dengan Menristek-Kepala BRIN.

Apa peran Kementerian Riset dan Teknologi-Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek-BRIN) dalam mengatesi pandemi Covid-19?

Pandemi ini sifatnya luas sehingga penanganannya harus dilakukan dari berbagai sudut. Kami di Kementerian Ristek-BRIN tidak hanya terbatas pada vaksin dan obat tapi juga alat kesehatan yang diperlukan untuk perawatan pasien.

Kemudian terapi apa yang diperlukan untuk penanganan pasien, termasuk alat pelindung diri (APD).

Kami juga ikut terlibat dalam menemukan suplemen herbal apa yang cocok untuk Covid-19 dan piranti untuk rapid test serta swab test.

Halaman
1234
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas