Tribun

Pemilu 2024

Pengamat: Partai Baru Jadi Opsi Alternatif Saat Pemilih Jenuh Terhadap Situasi Politik

Pilihan alternatif tersebut muncul bila para pemilih ada pada kondisi bosan dan jenuh terhadap situasi politik tanah air.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Erik S
zoom-in Pengamat: Partai Baru Jadi Opsi Alternatif Saat Pemilih Jenuh Terhadap Situasi Politik
Kompas/Mahdi Muhammad
(Ilustrasi Pemilu) Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu Demokrasi, Erik Kurniawan mengatakan kehadiran sejumlah partai baru akan jadi opsi alternatif bagi pemilih di Pemilu Serentak 2024. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu Demokrasi, Erik Kurniawan mengatakan kehadiran sejumlah partai baru akan jadi opsi alternatif bagi pemilih di Pemilu Serentak 2024.

Pilihan alternatif tersebut muncul bila para pemilih ada pada kondisi bosan dan jenuh terhadap situasi politik tanah air.

Baca juga: Partai Golkar Populer di Kalangan Anak Muda, Puteri Komarudin: Modal Besar Menuju Pemilu 2024

Hal ini disampaikan Erik dalam diskusi daring 'Menghadapi Pemilu 2024, Menimbang Kesiapan Parpol Baru', Selasa (27/9/2022).

"Bagi pemilih itu sebetulnya alternatif pilihan ketika kemudian mungkin sebagian pemilih kita sudah, dalam tanda kutip ada kebosanan dengan situasi yang ada, ingin sesuatu yang baru," kata Erik.

Meski jadi opsi alternatif, para pemilih tetap akan melihat apakah potensi kehadiran partai politik baru di Pemilu Serentak 2024 akan membawa narasi yang berbeda dengan parpol lama yang sebelumnya sudah eksis di pesta demokrasi.

Baca juga: Bawaslu Tak Terima Laporan Partai Pelita yang Tuduh KPU Langgar Administrasi Pemilu

"Sebenarnya hadirnya partai baru sebagai alternatif itu ditunggu pemilih kita. Pertanyaannya kan satu, apakah partai baru mampu menghadirkan narasi lain yang mampu diterima publik dan pemilih," ujarnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas