Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

BPKH Kirim Bantuan Senilai Rp2,2 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

BPKH menyalurkan bantuan kemaslahatan senilai Rp2,2 Miliar untuk para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in BPKH Kirim Bantuan Senilai Rp2,2 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur
dok. BPKH
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberi bantuan kemaslahatan senilai Rp2,2 Miliar untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Bantuan diserahkan kepada Pemkab Cianjur dan BNPB. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp2,2 Miliar untuk para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan diserahkan kepada Pemkab Cianjur dan BNPB sebagai pemimpin sektor penanganan bencana gempa bumi di Cianjur tersebut.

Bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako, logistik, dapur umum, tenda darurat, WC portable, perlengkapan kesehatan, hingga kebutuhan bayi, anak dan wanita.

"Kami dari BPKH telah memberikan beberapa bantuan kepada korban bencana baik secara langsung maupun melalui mitra dengan total yang sudah kami salurkan Rp2,2 miliar," kata Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah dalam keterangannya, Sabtu (26/11/2022).

Sebelumnya, program kemaslahatan BPKH juga telah menyalurkan bantuan kebencanaan di sejumlah daerah, seperti bencana banjir di Kalimantan Selatan, NTT, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur, serta gempabumi di Mamuju Sulawesi Barat, Palu, dan tanah longsor di Sumedang, Sigi, dan Donggala.

Baca juga: Medan Pencarian Korban Gempa Cianjur Licin jadi Alasan Terhambatnya Evakuasi

Alokasi program kemaslahatan dan tanggap darurat bencana BPKH sepanjang tahun 2022 terhitung Januari - Oktober 2022, mencapai Rp11,5 Miliar.

BPKH mengatakan, program penanggulangan bencana alam perlu dibuat dengan harapan mampu mengurangi risiko pada saat bencana alam terjadi, terutama pada daerah rawan.

"Kita turut prihatin dan mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga Cianjur dan sekitarnya, Insya Allah kita kuat bersama untuk menghadapi semua bencana tersebut," kata Fadlul.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily berharap bantuan BPKH dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Untuk BPKH agar dana kemaslahatan bisa disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Datangi Tempat Pengungsian Korban Gempa Cianjur, Menteri Tri Rismaharini Gunakan Sepeda Motor

Diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 310 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Jumat (25/11/2022).

Data tersebut masih terus diperbarui. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas