Tribun

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Liga Indonesia Dilanjutkan, Mahfud MD: Menpora Akan Mengendalikan dan Kapolri Jamin Keamanan

Mahfud MD mewakili pemerintah mengumumkan berlanjutnya Liga Indonesia pascatragedi Kanjuruhan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Liga Indonesia Dilanjutkan, Mahfud MD: Menpora Akan Mengendalikan dan Kapolri Jamin Keamanan
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD didampingi Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Senin (5/12/2022).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mewakili pemerintah mengumumkan berlanjutnya Liga Indonesia pascatragedi Kanjuruhan.

Namun demikian, kata Mahfud, sisa liga diizinkan berlanjut tanpa penonton.

Untuk itu, kata Mahfud, Menpora Zainudin Amali akan mengendalikan keberlanjutan liga tersebut dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah menjamin keamanannya. 

Baca juga: Jadwal Liga 1 yang Digelar di Stadion Moch. Soebroto 17 Desember 2022

Pengumuman tersebut disampaikan Mahfud didampingi Zainudin dan Sigit saat konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Senin (5/12/2022).

"Maka sekarang pemerintah mengumumkan bahwa sepak bola liga itu akan diselesaikan jadwal yang sudah ditentukan akan diselesaikan dan PSSI atau pemerintah, Menpora, akan mengendalikan ini dan Bapak Kapolri itu sudah menjamin segi-segi keamanannya," kata Mahfud. 

Bersamaan dengan itu, kata dia, reformasi persepakbolaan nasional khususnya di PSSI akan terus berlangsung sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan dan pembicaraan-pembicaraan yang dilakukan oleh pemerintah baik dengan FIFA maupun dengan PSSI.

Itu akan terus berjalan.

Selain itu, kata dia, sejumlah rekomendasi dan temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta yang telah dipimpinnya hampir semuanya sudah berjalan. 

Terkait bidang keamanan, kata dia, sekarang Kapolri sudah mengeluarkan Peraturan Polisi.

Selain itu, lanjut dia, sejumlah stadion sudah mulai direnovasi agar memenuhi standar internasional.

Kemudian proses-proses hukum yang sedang berjalan akan terus berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," kata Mahfud.

"Jadi semua yang disampaikan oleh TGIPF itu sejauh menyangkut internal, kita, pemerintah itu sudah mulai berjalan untuk perbaikan ke depan," sambung dia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas