Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lewat Kedaireka, Mendikbud Nadiem Tegaskan Pentingnya Kolaborasi dan Industri

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim menegaskan, kolaborasi antara institusi akademis dengan industri sangat penting demi ciptakan inovasi.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Lewat Kedaireka, Mendikbud Nadiem Tegaskan Pentingnya Kolaborasi dan Industri
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Kedaireka, platform besutan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar RekaTalks 2023 bertajuk 'Creating Impactful Innovation Through Technology for Sustainable Development' di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya mendorong kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kompetensi dan mampu melahirkan inovasi yang dibutuhkan industri Tanah Air.

Melalui platform yang digagasnya 'Kedaireka', Kemendikbudristek pun menggelar RekaTalks 2023 bertajuk 'Creating Impactful Innovation Through Technology for Sustainable Development' untuk berbagi inspirasi dan gagasan inovasi antara perguruan tinggi dan industri.

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa kolaborasi antara institusi akademis dengan industri sangat penting demi menciptakan inovasi yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan masyarakat saja.

Namun juga mendukung pertumbuhan ekonomi serta program strategis nasional secara berkelanjutan.

Baca juga: Nadiem Makarim: Permendikbudristek PPKSP Tak Hanya Lindungi Siswa tapi juga Guru

"Membentuk sinergi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pembangunan berkelanjutan adalah fase yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan program-program strategis nasional yang berkelanjutan."

BERITA TERKAIT

"Keselarasan antara institusi akademis dan industri harus terus dioptimalkan," kata Nadiem, dalam acara yang digelar di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2023).

Dalam mewujudkan kolaborasi ini, kata dia, tentu harus memadukan berbagai ide dan wawasan dari berbagai bidang.

"Inilah mengapa kami menciptakan platform Kedaireka beserta ekosistemnya, di mana acara seperti RekaTalks kali ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses tersebut," jelas Nadiem.

Perlu diketahui, Kedaireka merupakan platform milik Kemendikbudristek, di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek).

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem Makarim: Data Kekerasan di Sekolah Menyeramkan

Salah satu program yang dibahas dalam RekaTalks ini adalah Innovation Fund, program kolaborasi berbasis business case yang dihadirkan Kedaireka dan dikurasi langsung oleh perwakilan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang telah memiliki modal finansial mandiri.

Nadiem menekankan bahwa untuk benar-benar mencapai dampak yang signifikan bagi masyarakat, inovasi dan kolaborasi harus disatukan.

"Oleh karena itu, kami telah menawarkan berbagai konsep dan skema kolaborasi antara universitas dan industri selama beberapa tahun terakhir melalui kegiatan-kegiatan dalam Ekosistem Kedaireka," papar Nadiem.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas