Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawa Timur Dipilih Jadi Lokasi Deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin karena Basis Warga Nahdliyin

Kota Surabaya dipilih sebagai lokasi deklarasi pasangan Anies-Cak Imin lantaran Jawa Timur merupakan daerah basis pendukung PKB dan warga NU.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jawa Timur Dipilih Jadi Lokasi Deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin karena Basis Warga Nahdliyin
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Ternyata ada alasan di balik keputusan memilih Kota Surabaya sebagai tempat deklarasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk maju di Pilpres 2024, Sabtu (2/9/2023) siang tadi.

Begitu juga alasan kenapa deklarasi dilakukandi Hotel Majapahit Surabaya (dulu bernama Hotel Yamato), yang merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Pahlawan.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menjelaskan, Kota Surabaya di Jawa Timur dipilih sebagai lokasi deklarasi pasangan Anies-Cak Imin lantaran Jawa Timur selama ini merupakan daerah basis pendukung PKB dan warga NU (nahdliyin).

"Gus Muhaimin berangkat membawa mandat Nahdliyin dan ulama. Jadi, Jawa Timur adalah pilihan yang tepat," kata Jazil saat ditemui di lokasi sebelum agenda deklarasi.

Sebagaimana rencana, deklarasi pasangan Anies-Cak Imin ini memang mengambil lokasi Hotel Majapahit yang dulunya merupakan Hotel Yamato.

Hotel ini menyimpan sejarah perobekan bendera Belanda pada 19 September 1945 silam.

Menurut Jazil, pihaknya ingin mengambil spirit perjuangan dari peristiwa heroik arek Suroboyo itu.

BERITA TERKAIT

Bahkan, dia berseloroh jika memungkinkan nanti akan digelar teatrikal untuk menggambarkan perjuangan tersebut.

Bukan dengan merobek bendera. Namun, untuk mempertahankan bendera merah putih.

Baca juga: Surya Paloh Kenalkan Anies-Cak Imin Sebagai Sepasang Mempelai Capres-Cawapres 2024

Jazil menyebutkan, deklarasi ini bakal dihadiri para petinggi parpol pengusung Anies-Cak Imin. Di antaranya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beserta jajarannya.

Lalu, juga Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu dan jajaran DPP PKS. Sejumlah ulamapun dijadwalkan bakal hadir.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi dideklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan di Pilpres 2023 di Hotel Yamato, Surabaya, Sabtu, 2 September 2023.
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi dideklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan di Pilpres 2023 di Hotel Majapahit (Yamato), Surabaya, Sabtu, 2 September 2023. (Kolase Tribunnews)

Sebelum deklarasi, tadi pagi sejumlah elite politik Partai NasDem berkumpul di Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023).

Mereka bersiap jelang deklarasi pasangan Bakal Calon Presiden dan Bakal Calon Wakil Presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Hingga pukul 10.00 WIB, beberapa elite yang terlihat hadir di antaranya adalah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Dewan Pakar DPP NasDem yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya, hingga beberapa tokoh lainnya.

Baca juga: Anies Baswedan-Cak Imin Resmi Dideklarasikan, Paloh: Selamat Tinggal Politik Cebong dan Kampret

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas