Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Surat Pengunduran Diri SYL dari Posisi Menteri Pertanian Segera Dilaporkan ke Presiden

Dalam kesempatan tersebut, SYL mengatakan ia mundur karena masalah hukum yang bergulir di KPK harus dihadapi secara serius.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Surat Pengunduran Diri SYL dari Posisi Menteri Pertanian Segera Dilaporkan ke Presiden
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Dalam keterangannya, Syahrul Yasin Limpo mengatakan telah mendatangi Polda Metro Jaya untuk menyampaikan keterangan berkait dugaan pemerasan pada 12 Agustus 2023 dan mengajukan pengunduran diri dari posisinya sebagai Menteri Pertanian. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan pihak Istana sudah menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian (Mentan).

Surat disampaikan langsung oleh SYL didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, kepada Pratikno di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis petang (5/10/2023).

Selepas surat diterima, Pratikno akan menyampaikannya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi surat itu sudah kami terima baru saja dan oleh karena itu segera akan saya laporkan kepada bapak presiden," kata Pratikno.

"Pak Syahrul menyampaikan surat kepada bapak presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai menteri pertanian," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, SYL mengatakan ia mundur karena masalah hukum yang bergulir di KPK harus dihadapi secara serius.

BERITA TERKAIT

"Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang sedang saya hadapi dan saya harus siap menghadapi secara serius," katanya.

SYL berharap tidak ada stigma dan persepsi yang menghakiminya terlebih dahulu sebelum proses hukum berjalan.

Ia mengaku siap menghadapi proses hukum tersebut.

"Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan persepsi yang menghakimi saya terlebih dahulu karena biarkanlah proses hukum berlansung dengan baik dan saya siap menghadapi," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas