Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Disinggung Soal Konflik Kepentingannya, Ketua MK Anwar Usman Ceritakan Kisah Nabi Muhammad

Anwar Usman mengatakan, ia telah berkarier sebagai hakim selama 30 tahun berkarir. Menurutnya, ia selalu memegang teguh amanah dalam menjalankan tugas

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Disinggung Soal Konflik Kepentingannya, Ketua MK Anwar Usman Ceritakan Kisah Nabi Muhammad
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman memberikan keterangan pers terkait dugaan pelanggaran etik dalam putusan batasan usia capres dan cawapres di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (23/10/2023). MK memutuskan membentuk Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi atau MK-MK untuk mengusut dugaan pelanggaran kode etik terkait putusan Ketua MK Anwar Usman yang dianggap memiliki konflik kepentingan dalam penentuan batas usia capres-cawapres.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman merespons isu konflik kepentingannya dalam putusan 90/PUU-XXI/2023.

Hal itu disampaikan Anwar saat ditanya mengenai istilah 'Mahkamah Keluarga' yang berkembang di masyarakat.

Baca juga: Reaksi Anwar Usman Terkait Sindiran soal MK Disebut Mahkamah Keluarga yang Viral di Media Sosial

Anwar Usman mengatakan, ia telah berkarier sebagai hakim selama 30 tahun berkarir. Menurutnya, ia selalu memegang teguh amanah dalam menjalankan tugas.

Adik ipar dari Presiden Jokowi itu membantah dirinya memiliki konflik kepentingan dalam keputusan batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Saya perlu sampaikan bahwa saya menjadi hakim mulai 1985, itu sudah menjadi calon hakim sampai sekarang. Jadi sudah 30 sekian tahun. Ya, Alhamdulillah, saya memegang teguh sumpah saya sebagai hakim," kata Anwar, dalam konferensi pers di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2023).

Baca juga: Pemohon Interupsi Sidang Putusan MK, Ingatkan Hubungan Darah Ketua MK Anwar Usman dengan Gibran

"Memegang teguh amanah dalam konstitusi, Undang-Undang Dasar, amanah dalam agama saya yang ada dalam Al-Qur'an," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, Anwar menceritakan kisah tentang Usama bin Zayed yang diutus oleh Quraisy untuk meminta Nabi Muhammad SAW melakukan intervensi karena adanya tindak pidana yang dilakukan oleh seorang anak bangsawan Quraisy.

Anwar menganalogikan putra Presiden Jokowi sekaligus keponakannya, Gibran Rakabuming Raka melalui kisah tersebut. 

Untuk diketahui, Gibran disebut-sebut dimuluskan jalannya menjadi cawapres oleh Anwar melalui putusan MK tentang batas usia minimal capres-cawapres agar putra Presiden Jokowi itu dapat melangkah sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto di 2024.

Baca juga: MK Terima 7 Laporan Soal Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim hingga Minta Anwar Usman Mundur

"Apa jawab Rasulullah SAW? Beliau tidak mengatakan menolak atau mengabulkan permohonan dari salah seorang yang diutus bangsawan Quraisy ini. Beliau mengatakan, andaikan Fatimah anakku mencuri, aku sendiri yang akan memotong tangannya," jelasnya.

Melalui kisah tersebut, Anwar menjelaskan, hukum harus berdiri tegak, berdiri lurus, tidak boleh diintervensi, dan tidak boleh takluk oleh siapa pun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas