Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

SYL Sebut 3 Kali Nama Surya Paloh Dalam Pembelaannya: Hormat Ku Buat Abang Ku

Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebut tiga kali nama Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat membacakan pleidoi atau nota pembelaan

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in SYL Sebut 3 Kali Nama Surya Paloh Dalam Pembelaannya: Hormat Ku Buat Abang Ku
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (28/6/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebut tiga kali nama Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat membacakan pleidoi atau nota pembelaan sebagai terdakwa kasus gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

SYL diketahui menjalani sidang lanjutan dugaan korupsi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (5/7/2024) siang.

Dalam pembelaannya, SYL menyatakan dirinya siap bertanggung jawab dan menyesali perbuatannya.

Meskipun begitu, ia meminta kepada majelis hakim untuk memberikan putusan bebas atau putusan yang seadil-adilnya kepada dirinya.

"Saya menyesali perbuatan saya, saya siap bertanggung jawab Yang Mulia. Namun, saya ingin bebas dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta di sisa hidup saya yang kini berumur 70 tahun," kata SYL membacakan pleidoinya.

Ia pun mengatakan dirinya bukan seorang penjahat dan pemeras seperti yang dituduhkan.

"Saya bukan penjahat apa lagi pemeras, saya bukan pengkhianat, saya ini pejuang dari negara bangsa ini. Saya belum pernah dihukum yang mulia," katanya.

BERITA TERKAIT

SYL pun meminta maaf kepada masyarakat Indonesia, khususnya suku Bugis Makassar, Toraja, dan Mandar.

Baca juga: Bacakan Pleidoi, SYL Sampaikan Terima Kasih hingga Maaf ke Surya Paloh

Ia pun meminta maaf kepada pemerintah Indonesia dan keluarga, sahabat, serta kolega apabila perilaku dirinya selama menjadi Menteri Pertanian dianggap tidak bersesuaian dengan pandangan dan situasi yang ada.

"Terima kasih kepada rekan-rekan pemerintah Kabinet Indonesia Maju khususnya kepada bapak Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin yang telah memberi amanah kepada saya dan selama ini mendampingi saya dengan ketat," ucapnya.

Selain kepada Jokowi dan Maruf Amin, SYL pun mengucapkan terima kasih kepada Surya Paloh.

Bahkan dalam pembelaannya, SYL sampai tiga kali menyebut nama Surya Paloh.

Baca juga: SYL Pamer Prestasi Sejak Jadi Lurah Hingga Menteri di Pembelaannya, Pernah Jadi Camat Teladan

"Kepada bapak Surya Paloh selaku pimpinan partai NasDem yang saya banggakan (terima kasih) atas kepercayaan politik dan persahabatan yang selama ini terjalin dengan baik," kata SYL.

Dikatakan SYL, Paloh secara konsisten memberikan arahan dalam membangun komitmen kebangsaan dan memberikan kesempatan kepada dirinya menduduki jabatan menteri sehingga mendapat kesempatan berbakti untuk nusa dan bangsa.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas