Tribun

Jadi Pusat Perbelanjaan Terbesar di Aceh, Suzuya Mall Ludes Terbakar Setelah Hampir 9 Tahun Berdiri

Gedung Suzuya Mall Banda Aceh ini terdiri dari empat lantai dengan luas space 23.902 meter persegi, dan mampu menyerap lebih dari 350 tenaga kerja.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jadi Pusat Perbelanjaan Terbesar di Aceh, Suzuya Mall Ludes Terbakar Setelah Hampir 9 Tahun Berdiri
Serambinews.com/Hendri
Warga menyaksikan petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar Suzuya Mall Banda Aceh, Senin (4/4/2022) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Hampir 9 tahun lalu tepatnya tanggal 27 November 2013 Suzuya Mall, gedung pusat perbelanjaan yang disebut menjadi yang terbesar di Aceh resmi dibuka.

Warga berduyun-duyun memadati acara peresmian Suzuya Mall Banda Aceh yang berlokasi di eks terminal lama di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh.

Kala itu, General Manager Department Store dan Superstore, Mirwazi kepada Serambi menyebut bahwa Suzuya baru ini dilengkapi dengan fasilitas gedung yang kreatif dan terbaik.

Gedung Suzuya Mall Banda Aceh ini terdiri dari empat lantai dengan luas space 23.902 meter persegi, dan mampu menyerap lebih dari 350 tenaga kerja.

Selain itu, areal parkir yang dimiliki mampu menampung sekitar 500 unit sepeda motor, dan sekitar 130 unit mobil.

Hampir 9 tahun melayani kebutuhan masyarakat dan menjadi mal kebanggaan di Aceh, Suzuya Mall Banda Aceh mengalami musibah.

Senin (4/4/2022) pukul 11.30 WIB, kebakaran terjadi di pusat perbelanjaan terbesar di Aceh itu.

Kondisi di dalam Suzuya Mall Banda Aceh, Senin (4/4/2022) malam yang masih terbakar.
Kondisi di dalam Suzuya Mall Banda Aceh, Senin (4/4/2022) malam yang masih terbakar. (Serambinews.com/M Anshar)

Musibah yang terjadi secara tiba-tiba ini membuat pengunjung Suzuya Mall panik dan berhamburan ke luar dari gedung tersebut.

Berdasarkan sumber di lapangan, api berasal dari lantai tiga Suzuya Mall.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang terjadi pada hari kedua Ramadhan ini.

Sementara itu sebanyak 21 armada pemadam kebakaran Kota Banda Aceh dan Pemadan BPBD Aceh Besar serta satu armada water canon Polda Aceh ikut berjibaku dalam memadamkan api.

Petugas mengaku sulit menjinakkan si jago merah karena banyak bahan yang mudah terbakar.

Jurnalis Serambinews.com M Anshar yang melakukan liputan embed bersama petugas Damkar dan disiarkan dalam siaran live facebook Serambinews dari dalam gedung, Senin (4/4/2022) malam, melaporkan api masih terlihat berkobar di dalam gedung.

Saat tengah melaporkan, M Anshar sempat mendengar suara dentuman akibat tali baja (crane) eskalator di dalam Suzuya putus dan jatuh di lantai 2.

Suzuya Mall Banda Aceh yang berlokasi di eks terminal lama di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh. (foto sebelum terbakar)
Suzuya Mall Banda Aceh yang berlokasi di eks terminal lama di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh. (foto sebelum terbakar) (Suzuyagroup.com)

Baca juga: Kobaran Api Membakar Seisi Gedung Hingga Lantai 4 Suzuya Mall Banda Aceh

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas