Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

8 ABK KMN Cahaya Sinar Dilaporkan Hilang Usai Kapal Karam di Perairan Wawonii Konawe

KMN Cahaya Sinar dilaporkan tenggelam di Perairan Wawonii, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, Rabu (28/02/2024) sekira pukul 02.27 WITA

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in 8 ABK KMN Cahaya Sinar Dilaporkan Hilang Usai Kapal Karam di Perairan Wawonii Konawe
Istimewa
Sebuah kapal nelayan KMN Cahaya Sinar dikabarkan tenggelam di perairan Wawonii Konawe Kepulauan Sulawesi Tenggara, Rabu (28/2/2024) pukul 02.27 wita. 

Laporan Wartawan Tribun Sultra Laode Ari

TRIBUNNEWS.COM, KENDARI - Sebuah kapal nelayan KMN Cahaya Sinar dikabarkan tenggelam di perairan Wawonii Konawe Kepulauan Sulawesi Tenggara.

Kapal KMN Cahaya sinar berpenumpan 11 nelayan dikabarkan tenggelam di saat perjalanan dari Kendari menuju Perairan Wawonii, Rabu (28/2/2024) pukul 02.27 wita.

Para nelayan di kapal tersebut pergi mencari ikan di sekitar selat peraiaran Wawonii.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) kemudian menurunkan tim untuk membantu pencarian.

Baca juga: Polisi Ungkap Fakta soal Kapal Tenggelam di Mamuju, Gunakan Kapal Ikan

Kepala KPP Kendari, Muhammad Arafah mengtakan pencarian dilalukakn sejak pagi tadi.

"Berdasarkan laporan tersebut di atas, pada pukul 02.45 Wita Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan menuju LKP untuk memberikan bantuan SAR," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Dari laporan sementara 11 nelayan yang ada di kapal tersebut, 3 berhasil selamat sementara 8 lain masih dalam pencarian.

"Jumlah penumpang di kapal 11 dengan rincian, selamat 3 orang dan dalam pencarian 8 orang," tutur Arafah. 

KMN Cahaya Sinar dilaporkan tenggelam di Perairan Wawonii, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, Rabu (28/02/2024) sekira pukul 02.27 WITA.

Kapal tersebut mengangkut 11 orang yang akan mencari ikan di sekitar Selat Wawonii.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP), Muhammad Arafah mengatakan, dari laporan yang diterima, semula kapal tersebut berangkat dari Kendari pada Senin (26/2/2024) kemarin.

Kemudian, pada Selasa (27/2/2024) pagi kapal dihantam ombak setinggi satu meter yang menyebabkan air masuk ke dalam lambung kapal.

"Salah satu awak kapal dengan menggunakan perahu kecil mendayung mencari daratan untuk meminta bantuan," ucapnya, Rabu (28/2/2024).

Arafah menambahkan dua awak kapal yang menggunakan perahu kecil mencari bantuan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Kendari, pada pukul 02.27 WITA.

"Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 02.45 Wita, Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan menuju lokasi kejadian perkara untuk memberikan bantuan SAR," ujarnya.

Laporan sementara, tiga anak buah kapal atau ABK berhasil selamat sementara delapan orang lainnya masih dalam pencarian dan evakuasi.

"Jumlah penumpang di kapal 11 orang dengan rincian selamat tiga orang dan dalam pencarian delapan orang," tutur Arafah.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunnewsSultra.com dengan judul Kronologi KMN Cahaya Sinar Bawa 11 Pencari Ikan Tenggelam di Perairan Wawonii Konkep Sultra,

Sumber: Tribun Sultra
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas