News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gelombang Panas Asia, Suhu di Singapura Tembus ke Rekor Tertinggi, India Mencapai 45 Derajat Celcius

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi cuaca panas ekstrem. pada pekan ini badan meteorologi Singapura mengungkap lonjakan suhu telah melebihi batas normal hingga tembus ke rekor tertinggi sejak 40 terakhir tepatnya pada tahun 1983.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Gelombang panas kembali menghantam sejumlah negara di wilayah Asia, termasuk Singapura yang baru-baru ini melaporkan lonjakan suhu udara hingga mencapai 37 derajat celcius pada siang hari.

Meski gelombang panas bukan kali pertama yang menerpa Singapura, namun pada pekan ini badan meteorologi Singapura mengungkap lonjakan suhu telah melebihi batas normal hingga tembus ke rekor tertinggi sejak 40 terakhir tepatnya pada tahun 1983.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Besok, 24 Mei 2023 di Indonesia, BMKG: Tanjung Pinang Hujan Petir pada Pagi Hari

“Suhu tinggi semacam ini merupakan hal yang langka di Singapura. Biasanya, suhu di Negeri Singa berkisar 26 derajat sampai 33 derajat celcius, namun di Ang Mo Kio suhu mencapai 37 sementara di wilayah lainnya 36 derajat celcius ” jelas badan meteorologi Singapura.

Tak hanya Singpura saja yang mengalami lonjakan suhu, gelombang panas juga turut membakar beberapa wilayah di Asia lainnya hingga memicu perubahan iklim yang tajam. Seperti di New Delhi dan Uttar Pradesh India yang mengalami kenaikan suhu mencapai 45 derajat celcius.

Imbas gelombang panas tersebut, sejumlah pembangkit listrik terpaksa melakukan pemadaman bergilir selama 12 jam demi menekan lonjakan suhu yang tajam.

Departemen Meteorologi India bahkan merilis peringatan gelombang panas untuk tujuh negara bagian yang ada di bagian selatan dan tengah negara itu sejak pekan lalu.

Sedangkan di Thailand dan Laos, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mencatat gelombang panas yang tinggi telah membuat beberapa wilayah mengalami kenaikan suhu di atas 50 derajat Celcius.

Cuaca ekstrem yang melanda kawasan Asia ini terjadi imbas adanya El Nino, kehadiran fenomena ini yang membuat angin bertiup ke arah barat di sepanjang ekuator.

Baca juga: Antisipasi Serangan Panas, Delapan Tips Ini Bisa Bikin Mobil Tetap Prima

Sayangnya pergerakan angin mendorong air berjalan ke wilayah Timur hingga menciptakan suhu permukaan laut yang lebih panas dari biasanya.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), fenomena El Nino di tahun 2023 telah meningkat suhu sekitar 0,2 derajat celcius bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Belum diketahui kapan gelombang panas akan menurun, namun apabila kondisi ini terjadi dalam kurun waktu lama maka kawasan Asia berpotensi mengalami musim panas yang lebih panjang dari tahun sebelumnya.

Prakiraan Cuaca Hari Ini, 24 Mei 2023

Berikut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di 33 kota di Indonesia pada Rabu (24/5/2023).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini