News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Suku-Suku di Gaza Tolak Jadi Antek Israel, Hamas Justru Ditikam Bos Intelijen Otoritas Palestina?

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Badan Intelijen Korea Selatan menyebut Hamas menggunakan senjata buatan Korea Utara dalam perang melawan Israel di Gaza. Foto: Arab News

Suku-Suku di Gaza Tolak Jadi Antek Israel, Hamas Justru Ditikam Bos Intelijen Otoritas Palestina?

TRIBUNNEWS.COM - Hamas, Rabu (13/3/2024) dilaporkan memuji “semangat nasionalisme yang bertanggung jawab dari keluarga dan para suku di Gaza.

Suku-suku di Gaza tersebut disebutkan secara tegas menolak untuk mengikuti rencana pendudukan Israel untuk mempersenjatai warga sipil Palestina sebagai anggota satuan pengamanan bantuan.

Baca juga: Israel Mau Persenjatai Warga Palestina, Situs Hamas: Yang Ikut Akan Diperlakuan dengan Tangan Besi

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterima oleh Quds Press kalau mereka "Memuji semangat nasionalisme yang bertanggung jawab dari keluarga dan suku di Gaza yang secara tegas menolak untuk menanggapi rencana jahat pendudukan Israel."

Israel diketahui berniat membentuk badan koordinasi yang terpisah dari jajaran perlawanan nasional Palestina. .

Mereka juga menekankan, “keluarga dan klan mendukung perlawanan, pemerintah dan polisi serta dinas keamanannya, dan menolak upaya pendudukan untuk merusak barisan nasional Palestina.”

Baca juga: Taktik Pecah-Belah Israel Gagal, Warga Rafah: Kami Tak Akan Pergi, Kami Dukung Milisi Pembebasan

“Kesetiaan keluarga dan klan di Gaza ini membuktikan persatuan dan kohesi masyarakat Palestina yang mendukung pilihan perlawanan dan persatuan nasional. Hal ini juga membuktikan peran penting nasional yang dimainkan oleh keluarga dan klan, sebagai katup pengaman bagi garda depan, dan melindungi putra-putra mereka yang pemberani dalam perlawanan, yang dengan gagah berani menghadapi agresi brutal Zionis di Jalur Gaza,” tulis pernyataan Hamas.

Sebelumnya, para tetua keluarga di Jalur Gaza memberi tahu pejabat PBB tentang penolakan mereka untuk bekerja sama dengan pendudukan kecuali melalui dinas keamanan di Jalur Gaza.

Para tetua keluarga menyatakan kesediaan mereka untuk bekerja sama dalam mendatangkan dan mendistribusikan bantuan, hanya jika mereka berkoordinasi dengan pihak keamanan di Gaza, Hamas.

Koordinator kegiatan pemerintah pendudukan Israel di Jalur Gaza dilaporkan secara pribadi menghubungi para tetua keluarga di Gaza, namun tawaran kerja samanya ditolak.

PA Bersedia Jadi Antek Israel?

Kabar penolakan para tetua suku di Gaza menjadi kepanjangan tangan tentara IDF ini bertolak belakang dengan pemberitaan media Israel kalau Otoritas Palestina, akan membentuk pasukan pengamanan bantuan di Gaza Selatan.

Channel 14 Israel melaporkan, Kepala Badan Intelijen Umum (GIS) Otoritas Palestina (PA), Majed Faraj telah memprakarsai pembentukan angkatan bersenjata di Gaza selatan.

Laporan itu menambahkan, pasukan bentukan Faraj tersebut terdiri dari keluarga-keluarga yang tidak bersekutu dengan Hamas untuk mendistribusikan bantuan dari selatan ke utara Jalur Gaza.

Baca juga: Israel Mau Persenjatai Warga Palestina, Situs Hamas: Yang Ikut Akan Diperlakuan dengan Tangan Besi

Sebelumnya, saluran berita Israel, KAN, melaporkan Ketua Dewan Keamanan Nasional Israel, Tzachi Hanegbi baru-baru ini bertemu dengan Faraj dengan persetujuan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, seperti dikutip dari laporan Al-Ghad .

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini