News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Wasekjen Hizbullah Ancam Israel: Perang di Lebanon akan Hasilkan Eksodus Besar-besaran Pemukim Utara

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kebakaran akibat serangan rudal Hizbullah di Kiryat Shmona, Israel

Wasekjen Hizbullah Ancam Israel: Perang di Lebanon akan Hasilkan Eksodus Besar-besaran Pemukim Utara

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Hizbullah, Naim Qassem, memperingatkan Israel tentang konsekuensi dari rencana untuk melancarkan perang skala penuh di Lebanon.

Qassem menyatakan, eskalasi semacam itu akan memaksa sejumlah besar pemukim Yahudi Israel mengungsi dari wilayah utara yang diduduki.

Baca juga: Datang ke Golan, Panglima Perang Israel: IDF Siap Menyerbu Masuk Lebanon, Hizbullah Bombardir Metula

"Setiap hari, kami mendengar tentang ancaman Israel untuk meningkatkan agresi mereka guna memulangkan orang-orang yang mengungsi ke rumah mereka. Dengan ini kami menanggapinya: Jika Anda ingin meningkatkan jumlah orang yang mengungsi, Anda dapat melancarkan perang. Perang baru dengan Hizbullah tidak akan membantu memulangkan orang-orang yang mengungsi; sebaliknya, itu hanya akan meningkatkan jumlah mereka."

Qassem menegaskan kalau Hizbullah siap untuk perang besar-besaran dengan Israel dan tidak terintimidasi oleh ancaman dari Tel Aviv.

Ia lebih lanjut menekankan kalau Hizbullah akan menanggapi secara tegas dan tetap terlibat jika perang dilancarkan terhadap mereka.

Ia juga mencatat kalau serangan balasan Hizbullah terhadap target militer Israel di wilayah pendudukan utara telah mencapai tujuannya dan memperingatkan, "Pemukim Israel yang terusir tidak dapat kembali ke wilayah pendudukan utara hingga perang di Gaza berakhir."

Wakil kepala Hizbullah lebih lanjut memperingatkan bahwa jika Israel melanjutkan perang genosida di Gaza, maka Israel akan menghadapi masalah, kerugian, dan konflik internal yang semakin meningkat.

Ia juga menekankan kalau entitas pendudukan tidak akan muncul sebagai pemenang dari perang gesekan yang berkepanjangan ini.

Mengenai masalah internal Lebanon, Qassem menyatakan, pemilihan pengganti mantan Presiden Michel Aoun tidak boleh terpengaruh oleh perkembangan keamanan di sepanjang perbatasan dengan Palestina yang diduduki, dan mendesak semua pihak untuk mengindahkan seruan Ketua Parlemen Nabih Berri untuk berdialog.

Hizbullah, Milisi Perlawanan Lebanon diketahui telah terlibat dalam kampanye dukungan militer berskala luas untuk rakyat dan milisi perlawanan di Gaza, yang menargetkan pasukan dan aset pendudukan Israel dalam ratusan operasi sejak 8 Oktober 2023.

Perlawanan di Lebanon, serta faksi-faksi di Irak dan Angkatan Bersenjata Yaman, masing-masing telah meluncurkan operasi militer mereka sendiri untuk mendukung Gaza.

Di wilayah pendudukan utara, puluhan permukiman dievakuasi oleh pihak berwenang, sementara yang lain tetap berada di bawah ancaman terus-menerus untuk menjadi sasaran Perlawanan, biasanya sebagai tanggapan atas agresi Israel di kota-kota Lebanon.

Operasi Hizbullah di garis depan utara telah menjadi penyebab kekhawatiran besar bagi otoritas Israel yang berjuang untuk mengembalikan para pemukim ke permukiman mereka.

Israel Rampungkan Persiapan Invasi ke Lebanon

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini