News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Ganjar Pranowo Respons Guntur Soekarno Bilang 'Jokowi Mau Diapain Terserah' Jika Paslon 03 Menang

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo melakukan sambutan saat menghadiri Hajatan Rakyat 1000 Bantengan bersama Ganjar - Mahfud di lapangan Gor Ken Arok, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024). Ganjar Pranowo mengajak bersama ribuan seniman bantengan memenangkan Ganjar - Mahfud pada pemilu 2024 mendatang. SURYA/PURWANTO

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo merespons pernyataan Guntur Soekarnoputra yang mengatakan nasib Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa ditentukan bila Ganjar-Mahfud terpilih di Pilpres 2024.

Ganjar mengatakan, semuanya memang bisa diatur jika dirinya bersama Mahfud MD menang di Pilpres 2024. 

"Bisa lah, kan gini yang bersaing dan bertanding itu kan sesama anak bangsa. Kebetulan hari ini 3 paslon. Tiga-tiganya berkewarganegaraan Indonesia, tiga-tiganya sebenarnya kita bersaudara," kata Ganjar di Rumah Makan 88, Ambon, Maluku, Senin (29/1/2024) malam.

Dia menuturkan, saat ini memang ketiganya belum bisa bertemu karena nuansa kontestasinya sangat dominan.

"Kalau hari ini ketiga pasang itu tidak bertanding dan kita ketemu, pasti kita bisa ngopi bareng, diskusi bareng kok. Tapi karena sekarang sedang bertanding, maka nuansa kontestasinya memang dominan, dan itu biasa saja," ujar Ganjar.

Ganjar menjelaskan, semuanya bisa diatur apalagi sesama anak bangsa, artinya yang kalah tak mungkin ditinggalkan.

"Maka kalau salah satu sudah menang katakan, saya menang sama Pak Mahfud, bagaimana mereka bisa kita urus? Jelas lah, jelas lah sesama anak bangsa masa enggak gitu ya," ucapnya.

"Artinya pasti beliau-beliau juga pilihan-pilihan dari masing-masing partai yang terbaik, putra terbaik, maka pasti akan kita ajak bicara, enggak mungkin kita tinggalkan," sambung Ganjar.

Dia menerangkan, diurus tidak selalu diartikan untuk bekerja sama di pemerintahan. Namun, di sisi lain perlu juga ada oposisi sebagai penyeimbang.

"Tidak selalu (kerja sama), mengurus itu ada banyak, kan mengurus itu atau terlibat itu tidak masuk dalam satu sistem, bisa saja kita partnership dengan mereka atau kemudian jangan-jangan dengan pola check and balance model seperti oposisi itu juga bisa dilakukan, karena itu menyehatkan," imbuh Ganjar.

Sebelumnya, Guntur mengatakan, jika Ganjar-Mahfud terpilih pada Pilpres 2024 dan berkuasa maka nantinya bisa melakukan apapun terhadap Jokowi. 

Adapun hal itu diungkapkan Guntur dihadapan puluhan relawan Ganjar-Mahfud di acara Rock N Roll Bersama Ganjar Pranowo dan Guntur Soekarno di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024). 

Mulanya, Guntur berbicara terkait ajaran Bung Karno perihal jangan menunda-nunda pekerjaan penting. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini