News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Prabowo Diminta Perkuat Kerja Sama Ekonomi Bilateral dengan China dan Rangkul Lawan Politik

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan pidato kemenangan di kediamannya di kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto diminta fokus mengantisipasi tantangan yang akan dihadapi Indonesia lima tahun ke depan.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Prabowo Mania 08 Jawa Timur, Bambang Widjanarko Setio merespons keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024.

"Tugas berat dan complicated tidak bisa dihadapi dengan biasa-biasa saja. Indonesia dan negara-negara lain di dunia akan mengalami guncangan besar di berbagai bidang kehidupan,” kata Bambang kepada wartawan, Jumat (22/3/24).

Bambang mengatakan, Prabowo harus memperkuat kerja sama bilateral dengan Pemerintah Republik Rakyat China (RRC), sebagai kekuatan besar di Asia dan dunia.

Di samping, kerja sama intensif dengan beberapa negara lainnya, seperti Jepang, Korea hingga Eropa.

“Presiden Prabowo harus berani membuat instrumentasi kekuatan ekonomi Indonesia sebagai aktor utama dalam peta ekonomi dunia," ujar Bambang.

Apalagi, kata dia, peta ekonomi dunia ke depan akan berkiblat ke Asia khususnya RRC yang menjadi dinamisator ekonomi global dan disegani Amerika dan negara-negara di Eropa.

Bambang menegaskan, Prabowo harus mampu out of the box dalam berbagai kebijakan ekonomi, politik, pertahanan dan lainnya.

Menurutnya, Indonesia harus mengedepankan kerja sama dengan RRC yang sudah terbina dengan baik selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bambang menegaskan, Indonesia harus membangun kekuatan ekonomi dengan RRC dan mengambil manfaat positif bagi kepentingan nasional.

"Artinya harus ada perubahan haluan, sehingga Indonesia mampu berdaulat di bidang ekonomi, politik dan pertahanan untuk kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Dia juga meminta Prabowo melakukan program revolusi dalam konteks produksi pangan, sehingga Indonesia mandiri dan berswasembada pangan secara komprehensif.

Menurut Bambang, sat ini, Indonesia dan dunia internasional sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini