News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KTT G20 Bali

Presiden Jokowi Disebut Cerminkan Sikap Indonesia yang Cinta Damai Serukan Stop Perang di KTT G20

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi Disebut Cerminkan Sikap Indonesia yang Cinta Damai Serukan Stop Perang di KTT G20

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad ikut merespons soal seruan Stop War alias hentikan perang oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di hadapan para pemimpin negara G20, di Bali.

Menyikapi hal itu, Dasco mengapreasi apa yang diungkapkan Jokowi karena mencerminkan sikap bangsa Indonesia yang cinta damai.

"Sehingga apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo itu menurut saya adalah hal yang memang patut kita apresiasi dan memang itu menunjukkan sikap bangsa Indonesia yang cinta damai," kata Dasco saat ditemui awak media di Gedung Nusantara III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2022).

Tak cukup di situ, Dasco juga turut menyoroti soal adanya kabar penyerangan rudal yang terjadi di Polandia di tengah pertemuan para pimpinan negara G20.

Kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu, seharusnya tidak perlu banyak spekulasi soal kabar tersebut, sebab belum diketahui dari mana asal serangan itu.

"Bahwa kemudian ada spekulasi-spekulasi tentang serang-serangan itu saya pikir marilah kita juga jangan berspekulasi karena kita belum tahu pasti pihak mana yang melakukan serangan," ucapnya.

Akan tetapi, jika memang serangan rudal tersebut benar, Dasco berharap tidak terjadi adanya peperangan yang serius di kemudian hari.

Sebab, dampak dari peperangan tersebut kata dia, akan berdampak besar bagi seluruh bangsa.

"Kita mengharapkan bahwa dengan adanya serangan tersebut jangan menjadi peperangan lebih besar, karena peperangan itu merugikan semua pihak," tukas dia.

Baca juga: KTT G20: Pemimpin Dunia Kecam Perang hingga Zelensky Sampaikan 10 Poin Perdamaian

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pengantar pada sesi III Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, di The Apurva Kempinski Bali, Rabu (16/11/2022).

Dalam konferensi ketiga tersebut Presiden kembali mendorong untuk segera menghentikan perang. Sebelumnya pada hari pertama KTT, Jokowi menyampaikan hal serupa.

“Mengawali sesi ketiga ini izinkan saya mengulagi pesan yang saya sampaikan dalam pembukaan KTT kemarin. Stop the war, i repeat stop the war,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan banyak hal yang dipertaruhkan dari perang. Menurutnya, perang hanya akan menyengsarakan rakyat.

“Pemulihan ekomomi dunia tidak akan terjadi jika situasi tidak membaik,” kata Jokowi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini