News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

163 Ribu Personil TNI-Polri dan Linmas Amankan Tahapan Pilpres Sejak Proses Pendaftaran ke KPU

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 163.212 personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Mantap Brata Jaya 2023 untuk mengamankan berbagai tahapan Pemilu 2024.

Personel gabungan tersebut terdiri atas anggota Polda Metro Jaya dan Polres jajaran sebanyak 20.190 personel, 10.890 personel TNI, 1.000 personel Korbrimob Polda Metro Jaya serta jajaran Linmas sebanyak 131.132 personel.

"Berbagai peristiwa sejarah, Jakarta Indonesia 98, Indonesia 2019 cukup memberikan pelajaran yang berarti bagi kita semua," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto di sela kegiatan simulasi dalam rangka pelaksanaan Operasi Mantap Brata Jaya untuk pengamanan proses Pemilu 2024.

Kegiatan simulasi ini diselenggarakandi Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Rabu (18/10/2023), hadir bersama dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Simulasi pengamanan dimulai dengan pengamanan massa pendukung calon presiden (capres) hingga adanya ancaman terorisme ketika pelaksanaan Pemilu.

"Hari ini kita saksikan, ini adalah simulasi kesiapan dan tentunya bagi kami adalah refreshing untuk melakukan, mengingat kembali protap-protap yang harus dilakukan," kata Karyoto, kepada wartawan, Rabu.

"Dari yang paling rendah, dari hijau sampai merah. Dari eskalasi paling rendah sampai eskalasi paling tinggi," lanjutnya.

Karyoto meminta masyarakat turut serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan rangkaian Pemilu di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kita sebagai aparat harus betul-betul siap menjalankan tindakan-tindakan dari tahap preemtif, preventif sampai dengan represif dengan cara-cara yang benar dan baik," ujarnya.

Hari ini, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) akan mendaftar ke KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. 

Baca juga: Ekonom: Capres dan Cawapres Harus Ngerti Ekonomi

Begitu juga dengan pasanga Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kedua pasangan capres-cawapres akan diiringi puluhan ribu massa pendukung.

Tadi shubuh, Capres Anies Baswedan melaksanakan salat subuh berjamaah bersama keluarganya. Anies Baswedan menjadi imam saat salat berjamaah bersama keluarganya.

Anies memakai pakaian kemeja putih panjang dan celana panjang hitam dan tak ketinggalan kopiah hitam juga dipakainya. Salat berjamaah tersebut pun berlangsung khusyu.

Ibunda Anies, Aliyah Rasyid, ikut menjadi makmum. Istri Anies, Fery Farhati Gani, Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan juga menjadi makmum.

Baca juga: PKB: Semua Cawapres Punya Basis NU, Tapi Kami yang Asli

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini