Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertamina Kaji Minyak Jelantah untuk Bahan Bakar Pesawat, SPBU Jadi Titik Pengumpul

Pertamina tengah meriset pemanfaatan minyak jelantah untuk diolah agar bisa digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang. 

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pertamina Kaji Minyak Jelantah untuk Bahan Bakar Pesawat, SPBU Jadi Titik Pengumpul
Tribunnews/Endrapta
Senior Vice President of Business Development PT Pertamina (Persero) Wisnu Medan Santoso ketika ditemui di Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) tengah meriset pemanfaatan minyak jelantah untuk diolah agar bisa digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang sejalan dengan keinginan pemerintah mengimplementasikan minyak jelantah menjadi bahan bakar untuk industri aviasi.

Senior Vice President of Business Development PT Pertamina (Persero) Wisnu Medan Santoso mengungkapkan, dalam kajian ini pihaknya juga melihat peluang memanfaatkan jaringan SPBU Pertamina sebagai titik pengumpulan minyak jelantah dari masyarakat.




"Sampai saat ini kami coba pikirkan, kira-kira memanfaatkan jaringan SPBU kita yang ada di banyak di Indonesia, bagaimana itu bisa kita manfaatkan sebagai sarana pengumpulan," kata Wisnu di acara diskusi Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas bertema “Menjawab Tantangan Tranformasi Energi Menuju Net Zero Emission” di Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024).

Dalam kajian ini, Pertamina juga tengah merumuskan formula agar bisa menjalin dengan para eksportir minyak jelantah.

"Bagaimana kita engaged ke para eksportir yang selama ini memang menjual, karena pabrik-pabrik di Singapura yang stay itu feedstock-nya dari Indonesia semua," ujar Wisnu.

Teknisi Pertamina PatraNiaga sedang mengisi Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau bioavtur ke pesawat di Bandara Soekarno Hatta
Teknisi Pertamina PatraNiaga sedang mengisi Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau bioavtur ke pesawat di Bandara Soekarno Hatta (HO)

Untuk menggarap Sustainable Aviation Fuel (SAF), masalah feedstock atau bahan baku memang harus ditangani terlebih dulu dan minyak jelantah merupakan bahan baku yang ideal.

BERITA TERKAIT

Wisnu menyebutkan, tim riset di Pertamina juga sedang mengeksplorasi sumber-sumber alternatif seperti cangkang minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO).

Namun, ia menilai dari sisi pengumpulan, cangkang CPO memang tidak seideal minyak jelantah. "(CPO) dari sisi pengumpulan memang tidak seideal dari minyak jelantah. Jadi itu yang saat ini jadi fokus kami," ucap Wisnu.

Pengimplementasian minyak jelantah menjadi bahan bakar penerbangan ini sebelumnya sudah pernah disinggung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, hal tersebut sudah lumrah dilakukan di beberapa negara tetangga Indonesa seperti Malaysia dan Singapura.

Di samping itu, Indonesia memiliki potensi pasokan 1 juta liter minyak jelantah tiap tahunnya. "Sebanyak 95 persennya di ekspor ke beberapa negara," ujar Luhut di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Luhut juga telah turun tangan memimpin Rapat Rancangan Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Industri Sustainable Aviation Fuel (SAF) di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Diminta Segera Siapkan Regulasi Minyak Jelantah

"Mengapa hal ini penting? Berdasarkan data IATA, Indonesia diprediksi akan menjadi pasar aviasi terbesar keempat di dunia dalam beberapa dekade kedepan," terang Luhut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas