Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Analis Militer Israel: IDF Tempur di Multi-Front dengan Tentara yang Ngos-ngosan di Gaza dan Lebanon

faksi-faksi perlawanan Palestina yang lebih baru dan lebih muda telah bermunculan serta meningkat dalam beberapa tahun terakhir

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Analis Militer Israel: IDF Tempur di Multi-Front dengan Tentara yang Ngos-ngosan di Gaza dan Lebanon
rntv/tangkap layar
Pasukan Israel (IDF) dalam operasi militer di Tepi Barat. Dalam tiga hari terakhir sejak Rabu (28/8/2024) IDF menyerbu kota-kota di Tepi Barat bagian utara seperti Jenin, Tulkarm, dan Tubas. Belakangan, IDF memperluas operasi ke Tepi Barat bagian selatan seperti Hebron. 

Analis Militer Israel: IDF Tempur di Multi-Front dengan Tentara yang Ngos-ngosan di Gaza dan Lebanon

TRIBUNNEWS.COM  - Sebuah laporan di  The Wall Street Journal menyatakan kalau serangan multi-front tentara pendudukan Israel (IDF) terhadap petempur milisi perlawanan di Tepi Barat menyoroti kompleksitas kondisi yang memburuk di wilayah-wilayah pendudukan.

"Pengerahan kekuatan militer skala besar di Tepi Barat juga menggambarkan tuntutan baru terhadap tentara Israel yang sudah kehabisan tenaga karena perang di Jalur Gaza, dan eskalasi di perbatasan dengan Lebanon," tulis laporan tersebut.

Baca juga: Update Perang Tepi Barat, Hamas Double Attack di Gush Etzion-Karmei Tzur, Israel Kepung Hebron




Surat kabar tersebut menjelaskan dalam sebuah laporan yang diterjemahkan oleh “Arabi 21”, mengutip analis Israel yang mengatakan: “Pertempuran baru di Tepi Barat telah meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya pertempuran berkepanjangan di berbagai bidang.”

 “Tentara saat ini sudah kelelahan,” kata Guy Aviad, seorang mantan perwira dan peneliti Israel spesialis soal Hamas.

“Pada akhirnya, kami memiliki kelompok tentara cadangan yang sangat terbatas yang menanggung beban pertempuran sepanjang waktu,” katanya.

Surat kabar tersebut menunjukkan bahwa faksi-faksi perlawanan Palestina yang lebih baru dan lebih muda telah bermunculan serta meningkat dalam beberapa tahun terakhir, meskipun pemerintah pendudukan dan tentara IDF menggunakan segala cara untuk menekan mereka.

BERITA TERKAIT

"Di sisi lain, pemerintah Israel mencakup beberapa pemimpin pemukim terkemuka, berupaya memperluas permukiman dan melancarkan agresi terhadap kota-kota Palestina," katanya menjelaskan faktor penyebab terus bermunculannya faksi-faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat

Dia menyinggung tentang kematian komandan Batalyon Jenin di Brigade Al-Quds di Tulkarem, Muhammad Jaber “Abu Shuja,”.

"Dia adalah simbol dari generasi baru “pemimpin bersenjata di Tepi Barat, dan dia menangkap imajinasi beberapa pemuda Palestina sebelumnya, setelah berita pembunuhannya menyebar,” kata Aviad menyiratkan kalau kemartiran Abu Shuja justru menginspirasi pemuda lain Palestina untuk angkat senjata dan melawan.  

Surat kabar itu mengatakan: Bahkan sebelum agresi terhadap Gaza, Tepi Barat sudah berada dalam kekacauan dengan meningkatnya serangan militer dan serangan kekerasan terhadap warga Palestina oleh pemukim, dan “perang di Gaza semakin memperburuk situasi di Tepi Barat,” ujarnya.

Situasi di Desa Jit, Kota Qalqilya, Tepi Barat saat seratus pemukim Yahudi Israel, 50 di antaranya bertopeng, menyerbu kota Palestina tersebut.
Situasi di Desa Jit, Kota Qalqilya, Tepi Barat saat seratus pemukim Yahudi Israel, 50 di antaranya bertopeng, menyerbu kota Palestina tersebut. (khaberni)

622 Warga Palestina Gugur Sejak 7 Oktober, Pemukim Lakukan 1.200 Serangan

Kelompok hak asasi manusia menuduh unit tertentu tentara Israel melakukan pelanggaran terhadap warga Palestina di Tepi Barat, termasuk unit tentara ekstremis yang berada di bawah pengawasan setelah kematian seorang pria lanjut usia Palestina-Amerika yang ditahan oleh tentara pada tahun 2022.

Investigasi militer Israel menggambarkan insiden itu sebagai kegagalan moral di pihak tentara, yang tergabung dalam Batalyon Netzah Yehuda.

“Kami telah melihat warga Palestina di Tepi Barat harus bersikap defensif,” kata Tahani Mustafa, analis senior Palestina di International Crisis Group, sebuah organisasi resolusi konflik yang berbasis di Brussels masalah keamanan pribadi pada saat ini, apakah itu terhadap tentara atau pemukim Israel yang ekstremis.”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas