Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elektabilitas Rebound Ganjar Pranowo Disebut Jadi Penyemangat Relawan Turun ke Rakyat

Juru Bicara Sahabat Ganjar, Mahatir Muhammad mengatakan, pihaknya terus mengawal survei SMRC dan Litbang Kompas. 

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Erik S
zoom-in Elektabilitas Rebound Ganjar Pranowo Disebut Jadi Penyemangat Relawan Turun ke Rakyat
Kolase Tribunnews
Hasil survei Litbang Kompas. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Relawan Sahabat Ganjar menyambut baik  elektabilitas Ganjar Pranowo kembali unggul dari kandidat capres lainnya. 

Melalui hasi survei SMRC dan Litbang Kompas bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan sebesar 35,9 persen. 

Baca juga: Hasil Survei Litbang Kompas soal Kepuasan terhadap Kinerja Jokowi: PDIP-PKB-Golkar Paling Puas

Juru Bicara Sahabat Ganjar, Mahatir Muhammad mengatakan, pihaknya terus mengawal survei SMRC dan Litbang Kompas

Menurut Mahatir, hasil ini tentu merupakan kerja Ganjar Pranowo bersama para pendukungnya yang turun ke bawah bertemu masyarakat.

"Kami mengucap syukur alhamdulillah, dengan elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami rebound dan menduduki peringkat pertama. Ini adalah bukti nyata bahwa Ganjar Pranowo bekerja keras, kerja cepat, kerja pintar untuk mensejahterakan masyarakatnya", kata Mahatir, Kamis (24/8/2023).

Meski elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami Rebound, tidak membuat Sahabat Ganjar puas dengan cepat. 

BERITA TERKAIT

Namun, Mahatir menegaskan, pihaknya tetap mempertahankan angka tersebut dan semakin gencar.

"Kami Relawan Sahabat Ganjar masih akan terus bekerja keras, bersama sama masyarakat untuk memenangkan Bapak Ganjar Pranowo," tambahnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Puncaki Hasil Survei Litbang Kompas: Cawapres Potensial Dampingi Prabowo?

Sementara, Dewan Penasihat Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari mengatakan bahwa pihak ya siap mempertahankan capaian rebound elektabilitas Ganjar Pranowo.

"Meski sempat menurun, tapi kami yakin penurunan ini bersifat sementara. Kita bisa lihat dari hasil survei SMRC, elektabilitas Ganjar mengalami rebound," ucap Fahlesa.

Dia menambahkan, sebagai relawan akan terus berkomitmen mendorong Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia ditahun 2024, mendatang.

"Sahabat Ganjar siap bekerja keras dan cerdas untuk memenangkan pak Ganjar di 2024. Kami pun secara rutin mengadakan survei internal secara independen untuk mengukur pergerakan riil pak Ganjar dari waktu ke waktu. Temuan survei dari SMRC tersebut juga sejalan dengan hasil survei internal kami," pungkas Fahlesa.

Diketahui, Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo berhasil menyalip Prabowo. 

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyampaikan dalam simulasi pilihan tertutup terhadap tiga nama, Ganjar mendapat dukungan 35,9 persen, sedangkan Prabowo 33,6 persen.

Baca juga: Cuaca Jabodetabek Hari ini, BMKG: DKI Jakarta dan Bogor Cerah Berawan pada Kamis, 24 Agustus 2023

Dalam survei Litbang Kompas, Ganjar Pranowo unggul dalam simulasi 10 nama, 5 nama, hingga 3 nama. Saat simulasi terbuka, elektabilitas Ganjar Pranowo dipilih responden sebanyak 24,9 persen, Prabowo Subianto 24,6 persen, dan Anies Baswedan 12,7 persen.

Dalam simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo diketahui mendapatkan 29,6 persen. Sementara itu, Prabowo Subianto 27,1 persen, dan Anies Baswedan 15,2 persen. Berikutnya, dalam simulasi lima nama, Ganjar memperoleh suara sebesar 31,8 persen, Prabowo 27,8 persen, dan Anies 15,6 persen.

Dalam simulasi tiga nama, Ganjar mendapatkan elektabilitas 34,1 persen. Gubernur Jawa Tengah itu unggul dari Prabowo yang punya 31,3 persen dan Anies 19,2 persen.

Sedangkan dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, dukungan kepada Ganjar berhasil rebound. Elektabilitas Ganjar sebesar 35,2 persen jika pemilihan presiden diadakan sekarang. Kemudian, Prabowo 33,2 persen dan Anies hanya 23,9 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas