Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beda Respons Jokowi saat Diminta Komentari Debat Prabowo dan Gibran, Kini Tak Mau Lagi Menilai

Membandingkan respons Jokowi saat mengomentari debat Prabowo dengan Anies dan Ganjar, serta penampilan Gibran di debat cawapres.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Beda Respons Jokowi saat Diminta Komentari Debat Prabowo dan Gibran, Kini Tak Mau Lagi Menilai
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN - Puspen TNI
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka dan Presiden Jokowi. Dalam debat Prabowo soal pertahanan, Jokowi menilai para capres tidak menampilkan substansi dan visi, justru saling serang. Bagaimana dengan Gibran? 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi pernah mengomentari pelaksanaan debat ketiga yang saling serang antar capres. Bagaimana dengan debat Gibran kemarin?

Dalam debat Prabowo soal pertahanan, Jokowi menilai para capres tidak menampilkan substansi dan visi, justru saling serang.

"Yang pertama, saya memang melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan. Yang kelihatan justru saling menyerang, yang sebetulnya enggak apa-apa, asal (itu soal) kebijakan. Asal policy. Asal visi ya enggak apa-apa," ujar Jokowi dalam keterangan pers di Serang, Banten, Senin (8/1/2024) ketika itu.

"Tapi, kalau yang sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam, mengenai apa hubungan internasional, mengenai geopolitik, dan lain-lain, saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton," katanya lagi.

Presiden Jokowi kemudian meminta agar debat pilpres selanjutnya diformat dengan lebih baik lagi.

"Ada rambu-rambu sehingga hidup, saling menyerang enggak apa-apa tapi (soal) kebijakan, policy, visinya yang diserang," ujar Jokowi.

"Bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira enggak perlu. Enggak, enggak baik, tidak mengedukasi," ucapnya lagi.

BERITA TERKAIT

Komentar Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait debat ketiga Pilpres 2024 dianggap kurang bijak dan tidak memperlihatkan sikap negarawan yang berdiri di atas semua golongan.

"Itulah mentalitas negarawan yang seharusnya ditunjukkan, termasuk di Indonesia. Karena situasi ini adalah situasi untuk semua, bukan untuk berpihak pada sebagian kalangan," kata peneliti Pusat Riset Politik BRIN, Prof. Firman Noor, dalam program Obrolan Newsroom di Kompas.com, Selasa (9/1/2024).

Firman menilai, pertanyaan yang dilontarkan dalam debat oleh capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto masih dalam lingkup tema debat.

Ditanya soal debat Gibran

Kini, Jokowi enggan memberikan tanggapannya terkait penampilan debat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang disoroti masyarakat.

Saat debat, aksi Gibran terhadap cawapres 02 Mahfud MD justru dinilai tidak sopan.

"Saya gak mau menilai lagi," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas