Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawaslu Harap Distribusi Logistik Pemilu Tepat Waktu, Minimal H-1 Pencoblosan

Hampir 99 persen distribusi logistik sudah bergerak dari KPU Kabupaten/Kota serta Kecamatan dan kini sudah sampai di tingkat desa

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Bawaslu Harap Distribusi Logistik Pemilu Tepat Waktu, Minimal H-1 Pencoblosan
AFP/PERDIANSYAH
Unit logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengendarai sepeda motor untuk mengantarkan materi pemilu dengan sepeda motor ke TPS terpencil dengan menggunakan delapan belas sepeda motor dan delapan gerobak sapi di Lampung, Indonesia, pada 11 Februari 2024. - Indonesia akan mengadakan satu pemilu satu hari terbesar di dunia pada minggu depan ? sebuah prestasi luar biasa yang melibatkan perpindahan suara dengan kapal, pesawat, dan menunggang kuda di negara kepulauan yang luas dan berpenduduk lebih dari 278 juta orang ini. Para pejabat telah mendistribusikan kotak suara di bawah penjagaan bersenjata ke setiap sudut kepulauan sepanjang 5.000 kilometer (3.106 mil) yang merupakan rumah bagi ratusan kelompok etnis dan bahasa. Di Provinsi Lampung, Pulau Sumatera, sapi akan digunakan setidaknya di empat desa untuk menarik suara melalui jalur lumpur menuju dan dari TPS. (Photo by PERDIANSYAH / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI berharap logistik pemilu dapat tiba tepat waktu di tempat pemungutan suara (TPS) pada H-1 pencoblosan. 

"Pada prinsipnya seluruh perlengkapan peralatan kelengkapan untuk TPS harus sudah sampai di TPS itu satu hari sebelum pelaksanaan," kata Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty di kantornya, Senin (12/2/2024). 

Baca juga: Bawaslu Temukan 355 Konten Pelanggaran Pemilu di Medsos selama Masa Kampanye, Paling Banyak di Fb




Saat ini logistik pemilu, jelas Lolly, harusnya sudah berada di tingkat kecamatan. Distribusi logistik ini ia klaim terus berada dalam pengawasan Bawaslu

Jajaran Bawaslu pun disebut Lolly telah bergerak dalam proses pengawasan itu. 

"Ini teman-teman di bawah sudah bergerak untuk memastikan pengawasan. Kalau sejauh ini sih yang kemarin saya turun langsung, ada yang belum sampai, tapi begitu saya cek hari ini sudah sampai, misalnya. Jadi nanti kita cek sama-sama," pungkasnya. 

Dalam kesempatan yang berbeda, Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan distribusi logistik bergerak secara simultan sejak 10 Februari lalu.

BERITA TERKAIT

Hampir 99 persen distribusi logistik sudah bergerak dari KPU Kabupaten/Kota serta Kecamatan dan kini sudah sampai di tingkat desa, termasuk juga distribusi ke daerah terdalam, terluar, dan terpencil. 

"Sejak awal kami sudah memetakan jalur peta distribusi politik, mendasari pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya," kata Yulianto dalam jumpa pers di kantornya, Senin (12/2/2024).

KPU juga telah menargetkan distribusi seluruh logistik sudah sampai di TPS pada H-1.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas