Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Formappi Soroti Banyak Caleg yang Punya Latar Belakang Pengusaha Lolos Masuk Parlemen

Peneliti Formappi, Lucius Karus menyoroti fenomena lolosnya calon anggota legislatif yang berlatar belakang pengusaha lolos ke Senayan.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Formappi Soroti Banyak Caleg yang Punya Latar Belakang Pengusaha Lolos Masuk Parlemen
Mario Christian Sumampow
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus ditemui di kawasan Kantor KPU RI, Jumat (24/2/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menyoroti fenomena lolosnya calon anggota legislatif yang berlatar belakang pengusaha lolos ke Senayan.

"Selama ini memang banyak Pengusaha yang sukses meraih kursi di parlemen. Ini bukan hal baru," ujarnya.

Menurut dia, seorang pengusaha jelas berhitung betul soal untung rugi jika hendak maju dalam kontestasi Pemilu Legislatif DPR RI 2024. 

Dengan kekuatan modal mereka, kata dia, sangat mudah untuk menebaknya.

"Ya saya kira mudah juga untuk menebak apa yang dilakukan pengusaha dengan kekuatan modal mereka. Seorang pengusaha jelas berhitung betul soal untung rugi. Dan ketika mengikuti kontestasi, maka biaya yang ia keluarkan sedapat mungkin bisa kembali dengan kemenangan," jelas dia.

Selain itu, Lucius melihat memang fenomena sekarang era reformasi banyak pengusaha yang masuk ke Parlemen.

Baca juga: Kasus Suap Gubernur Malut, Saksi Shanty Alda Dua Kali Mangkir Panggilan KPK

Namun, dia menduga masuknya para pengusaha ke DPR RI itu bukan semata untuk kepentingan rakyat, tapi menjaga bisnis-bisnisnya mengingat fungsi DPR salah satunya legislasi.

BERITA TERKAIT

"Ini fenomena khas Pileg di Indonesia era reformasi ini. Semakin banyak pengusaha masuk parlemen. Yang jelas, ikhtiar utama mereka tak selalu untuk kepentingan rakyat. Mereka nampaknya hanya ingin memastikan cara lain menjaga bisnis dengan menjadi penjaga gawang regulasi," pungkasnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas