Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menantu Hashim Djojohadikusumo Berpotensi Gagal Dapat Jatah Kursi DPR RI

Pria yang merupakan menantu Hashim Djojohadikusumo ini maju sebagai caleg Gerindra di daerah pemilihan Bangka Belitung (Babel).

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Menantu Hashim Djojohadikusumo Berpotensi Gagal Dapat Jatah Kursi DPR RI
IG @gerindra
Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya). Suami dari Wakil Ketua Umum Gerindra Rahayu Saraswati, Harwendro Adityo Dewanto terancam gagal mendapatkan jatah kursi di Senayan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suami dari Wakil Ketua Umum Gerindra Rahayu Saraswati, Harwendro Adityo Dewanto terancam gagal mendapatkan jatah kursi di Senayan.

Pria yang merupakan menantu Hashim Djojohadikusumo ini maju sebagai caleg Gerindra di daerah pemilihan Bangka Belitung (Babel).

Baca juga: Melihat Hasil Perolehan Suara Pimpinan DPR, Siapa yang Bertahan dan Tersingkir dari Parlemen?




Para caleg di dapil yang meliputi wilayah Kota Pangkal Pinang, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, Bangka Barat, dan Bangka ini bakal memperebutkan tiga kursi.

Perolehan suara untuk Babel sudah direkapitulasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Minggu (10/3/2024) lalu. Hasilnya, PDIP, Golkar, dan Gerindra yang mendapatkan jatah kursi itu.

Pada konteks dapil Babel, artinya hanya satu dari masing-masing caleg dengan perolehan suara tertinggi dari ketiga partai itu yang bakal mendapatkan kursi.

Baca juga: Sederet Nama yang Mampu Menaklukkan Dapil Neraka Jakarta II, Diprediksi Jadi Caleg Terpilih DPR

Dalam tahapan pemilu, jumlah suara yang bakal dikonversi ke kursi bakal menggunakan metode penghitungan Sainte Lague.

BERITA TERKAIT

Artinya salah satu jatah kursi bakal dimiliki oleh Melati selaku caleg Gerindra dengan perolehan tertinggi di Dapil Babel yakni, 80.969 suara. Sedangkan Harwendro berada di posisi kedua dengan jumlah perolehan 57.175 berpotensi tidak tembus ke Senayan.

Apabila tidak ada putusan sengketa hasil pemilu atau kejadian khusus seperti caleg NasDem di Dapil Nusa Tenggara Timur II yang mengundurkan diri, maka perjalanan Melati menuju Senayan bakal mulus.

Adapun caleg lainnya yang berpotensi maju bersama Melati di Dapil Babel adalah Rudianto Tjen (1.110.477 suara) dari PDIP, dan Bambang Patjaya (87.970 suara) dari Golkar.  

Sebagi informasi, Melati merupakan istri eks Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. Sang suami juga merupakan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Babel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas