Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dasco Menilai Iklim Demokrasi di Indonesia akan Lebih Baik dengan Hadirnya Partai Buruh

Partai Gerindra menyambut baik rencana kehadiran kembali Partai Buruh dalam perpolitikan di Indonesia.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Dasco Menilai Iklim Demokrasi di Indonesia akan Lebih Baik dengan Hadirnya Partai Buruh
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah organisasi atau serikat pekerja berencana menghidupkan kembali Partai Buruh untuk bersaing pada Pemilu 2024.

Partai Gerindra menyambut baik rencana kehadiran kembali Partai Buruh dalam perpolitikan di Indonesia.

"Yang pertama kami apresiasi dan menyambut baik KSPI yang ingin menghidupkan kembali partai buruh, yang kita sudah sama-sama tahu bahwa partai buruh ini pernah juga beberapa kali mengikuti pemilu di Indonesia," kata Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/10/2021).

Dasco menilai iklim demokrasi di Indonesia akan lebih baik dengan hadirnya Partai Buruh.

Sebab, nantinya aspirasi pekerja dan buruh dapat ditampung diperjuangkan melalui partai.

"Aspirasi para buruh yang mereka perjuangkan itu kemudian bisa diperjuangkan semaksimal mungkin dari mulai menyampaikan aspirasi sampai dengan membentuk ataupun merevisi undang-undang," kata Wakil Ketua DPR RI itu.

BERITA TERKAIT

"Nah oleh karena itu sekali lagi kami sampaikan aspirasi atas apresiasi kepada temen-temen pekerja, teman-teman buruh dan saya ucapkan selamat berjuang untuk menempuh jalan demokrasi," kata Dasco.

Baca juga: Said Iqbal Jadi Calon Tunggal Ketua Umum Partai Buruh

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan, kebangkitan kembali Partai Buruh akan dideklarasikan pada Senin (4/10/2021), yang direncanakan digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.

Setelah itu, Partai Buruh bakal menggelar kongres untuk mencari pemimpin baru pada 4 hingga 5 Oktober.

Said mengatakan, kepemimpinan Partai Buruh saat ini akan tetap dipimpin oleh Sonny Pudjisasono sebagai Ketua Umum dan Agus Supriadi sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal.

"Partai Buruh yang akan dideklarasikan ulang dan akan melakukan kongres 4-5 Oktober 2021 di Jakarta adalah merupakan kelanjutan Partai Buruh yang pernah ada yang didirikan oleh Pak Muchtar Pakpahan dan Pak Sonny Pudjisasono," kata Said dalam konferensi pers virtual, Minggu (3/10/2021).

Lebih lanjut, Said mengklaim dirinya menjadi calon tunggal Ketua Umum Partai Buruh jelang penyelenggaraan kongres.

Disebutkan bahwa dirinya menjadi satu-satunya yang disepakati secara bulat untuk menjadi Ketua Umum Partai Buruh.

"Memang mungkin bisa saja nanti sampai dengan nanti kongres ada yang bertambah, tapi bulat sampai hari ini baru satu nama yang disepakati untuk disetujui kongres yaitu saudara Said Iqbal dari KSPI, Presiden KSPI," ucap Said.

Sebagai informasi, sejumlah organisasi atau serikat pekerja berencana menghidupkan kembali Partai Buruh untuk bersaing pada Pemilu 2024.

Setidaknya ada empat konfederasi besar yang akan menghidupkan partai ini, yakni KSPI, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), dan Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI).

Selain itu, ada 50 federasi serikat buruh, serikat petani, dan organisasi guruh yang juga akan ikut tergabung dalam partai tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas