Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Telusuri Aliran Uang ke Hakim Agung Gazalba Saleh saat Tangani Perkara

KPK menelusuri aliran uang yang diterima Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh (GS) dari perkara di mana dia menjadi salah satu pengadilnya.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in KPK Telusuri Aliran Uang ke Hakim Agung Gazalba Saleh saat Tangani Perkara
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Hakim Agung, Gazalba Saleh mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (8/12/2022). KPK menelusuri aliran uang yang diterima Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh (GS) dari perkara di mana dia menjadi salah satu pengadilnya, kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Rabu (22/2/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri aliran uang yang diterima Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh (GS) dari perkara di mana dia menjadi salah satu pengadilnya.

Hal itu ditelusuri penyidik KPK saat memeriksa PNS, dr. Fify Mulyani dan wiraswasta, Santi.

"Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan aliran uang yang diterima tersangka GS pada penanganan perkara di mana yang bersangkutan sebagai salah satu hakimnya," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Rabu (22/2/2023).

Tak hanya itu, KPK juga menelusuri perkara di tingkat Mahkamah Agung (MA) yang ditangani Gazalba Saleh.

Itu didalami penyidik kala memeriksa tiga pengacara, Nesawaty Arsjad, Amirul Mukminin, dan Sutriyono; serta Sekjen Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Timothy Ivan Triyono.

"Keempat saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait perkara di tingkat MA yang ditangani tersangka GS," ujar Ali.

BERITA REKOMENDASI

Gazalba Saleh merupakan satu dari 15 tersangka kasus suap penanganan perkara di MA.

Teranyar, KPK menetapkan Ketua Yayasan Rumah Sakit (RS) Sandi Karsa Makassar (SKM) Wahyudi Hardi (WH) sebagai tersangka.

Baca juga: KPK Periksa Direktur Kepatuhan Bank Berkonsep Syariah Terkait Kasus Suap Hakim Agung

Sementara, 14 tersangka lainnya yakni Hakim Yustisial, Edy Wibowo; Hakim Agung, Gazalba Saleh; Hakim Yustisial, Prasetio Nugroho; dan staf Gazalba, Redhy Novarisza.

Kemudian, Hakim Agung, Sudrajad Dimyati; Hakim Yudisial atau panitera pengganti, Elly Tri Pangestu; dua ASN pada Kepeniteraan MA, Desy Yustria dan Muhajir Habibie; serta dua ASN di MA, Nurmanto Akmal dan Albasri.

Kemudian, pengacara Yosep Parera dan Eko Suparno serta Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana Heryanto Tanaka, dan Debitur Koperasi Simpan Pinjam Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas