Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Puan Maharani di Hadapan Anggota DPR RI: Kekuasaan Harusnya untuk Ubah Kehidupan Rakyat

Puan Maharani menyampaikan pesan atau amanat kepada para anggota dan pimpinan DPR RI terpilih yang baru dilantik, Selasa (1/10/2024).

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pesan Puan Maharani di Hadapan Anggota DPR RI: Kekuasaan Harusnya untuk Ubah Kehidupan Rakyat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua DPR RI periode 2024-2029 Puan Maharani (tengah) bersama Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029 Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan), Adies Kadir (kedua kiri), Cucun Ahmad Syamsurijal (kanan) dan Saan Mustofa (kiri) saat Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Puan Maharani kembali ditetapkan sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029 serta menetapkan empat Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029 yang ditetapkan lainnya adalah Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco dari Fraksi Partai Gerindra, Saan Mustopa dari Fraksi Partai NasDem, dan Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI periode 2024-2029 Puan Maharani menyampaikan pesan atau amanat kepada para anggota dan pimpinan DPR RI terpilih yang baru dilantik, Selasa (1/10/2024).

Puan menyebut, harusnya kewenangan dan kekuasaan yang diberikan rakyat bisa untuk mengubah kehidupan rakyat.

Pasalnya, terpilihnya mereka sebagai anggota DPR RI kata Puan adalah atas mandat dan harapan dari rakyat.

"Setiap Pemilu selesai dilaksanakan dan rakyat telah memilih wakil-wakilnya, maka selalu disertai dengan harapan rakyat bahwa kedepan kekuasaan yang diberikan rakyat kepada kita, anggota DPR RI, dapat digunakan untuk merubah kehidupan rakyat yang semakin sejahtera," kata Puan dalam rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR 2024-2029, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan.

Atas hal itu, dirinya menegaskan sejatinya mandat tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, seluruh anggota DPR RI.

Terlebih kata dia, ke depan, Indonesia akan menghadapi banyak tantangan dalam upaya membangun bangsa.

BERITA REKOMENDASI

Antara lain kata dia yakni, masalah struktural kualitas Sumber Daya Manusia, kedaultan pangan, energi, industri nasional, UMKM, ketimpangan sosial hingga kemiskinan.

"DPR RI melalui fungsi-fungsi konstitusionalnya harus melakukan intervensi yaitu dengan kebijakan negara dalam Politik Hukum, Politik Anggaran dan Politik Pembangunan, untuk merespon berbagai tantangan di dalam membangun Indonesia," tandas dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani ditetapkan menjadi Ketua DPR RI periode 2024-2029.

Keputusan itu diambil dalam Rapat Paripurna, dengan agenda penetapan pimpinan DPR, pada Selasa (1/10/2024) di Ruang Paripurna Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Rapat dipimpin pimpinan sementara DPR RI yakni Guntur Sasono (F-Demokrat) dan Annisa M.A. Mahesa (F-Gerindra).

Selain Puan, DPR RI juga menetapkan empat Wakil Ketua DPR RI lainnya.

"Sesuai dengan hasil rapat konsultasi pimpinan sementara DPR dan perwakilam partai politik 1 Oktober 2024, bahwa pimpinan DPR RI adalah saudari Puan Maharani dari Fraksi PDIP sebagai Ketua DPR RI, saudara Adies Kadir dari Fraksi Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, saudara Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, saudara Saan Mustopa dari Fraksi Partai NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, dan ucun Ahmad Sjamsurijal dari Fraksi PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI," kata Guntur Sasono.

Kemudian, anggota dewan yang hadir menyatakan persetujuan susunan pimpinan DPR RI periode 2024-2029.

Untuk diketahui, periode 2024-2029 merupakan kedua kalinya Puan Mahara menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Sebelumnya pada periode 2019-2024 Puan juga menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas