Tribun

Saat Jenguk, Jokowi Sarankan Wali Kota Risma Jangan Terlalu Berpikir Berat-berat

Jokowi tiba setelah sebelumnya mengunjungi acara resepsi pernikahan putri sulung Gubernur Jawa Timur Khofifah

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Saat Jenguk, Jokowi Sarankan Wali Kota Risma Jangan Terlalu Berpikir Berat-berat
Kompas.com/Ghinan Salman
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana keluar dari Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, usai menjenguk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang terbaring di rumah sakit, Sabtu (29/6/2019). KOMPAS.com/GHINAN SALMAN 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi membesuk Wali Kota Tri Rismaharini yang tengah dirawat di ruang ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/6/2019).

Jokowi tiba setelah sebelumnya mengunjungi acara resepsi pernikahan putri sulung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Grand City Mall Surabaya.

Turut bersama Jokowi yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak beserta istri Arumi Bachsin.

Jokowi tiba di Gedung Bedah Pusat Terpasu RSUD Dr Soetomo Surabaya sekitar pukul 21.08 WIB dan langsung ke ruang ICU rumah sakit menggunakan lift menuju lantai dua dan menemui Risma.

Tak berselang lama sekitar pukul 21.16 WIB, Jokowi dan Iriana keluar dari ruang ICU dan sempat menyapa puluhan warga Surabaya, baik yang berada di area rumah sakit maupun yang berada di pedestrian jalan protokol.

Setelahnya, Jokowi dan Iriana beserta rombongan langsung meninggalkan rumah sakit.

Putra Risma, Fuad Benardi menyampaikan, Jokowi berbincang dan mendoakan agar Risma lekas sembuh. Jokowi meminta kepada Risma agar fokus pada kesembuhan dan tidak memikirkan hal lain.

"Tadi itu yang saya inget, Pak Jokowi menyampaikan ke Ibu (Risma) agar cepat sembuh. Jangan mikir berat-berat terus, karena sudah ditunggu masyarakat Surabaya," kata Fuad kepada wartawan.

Menurut Fuad, Risma menunjukkan ekspresi gembira karena sudah dibesuk Jokowi dan sejumlah pejabat negara lainnya.

"Ibu cukup senang dan gembira karena kehadiran Pak Jokowi. Bu Risma mengucapkan terima kasih sudah dikunjungi dan mohon maaf kalau merepotkan," ujar Fuad.

Fuad menambahkan, Risma sudah bisa berbicara dengan lancar saat bertemu dan ngobrol dengan Jokowi.

Sebelumnya, menteri dan pejabat publik juga telah menjenguk Risma secara langsung di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Baca: Masih Dirawat Intensif, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Sampaikan Pesan Lewat Secarik Kertas

Mereka antara lain adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Ketua OJK Wimboh Santoso, dan Mantan Bupati Badung, Bali, Anak Agung Gde Agung.

Kesehatan Risma sempat menurun dan dilarikan ke RSUD Dr M Soewandhie pada Selasa (25/6/2019) pagi.

Malam harinya, Risma kemudian dipindahkan ke RSUD Dr Soetomo untuk mendapat perawatan super intensif di ruang ICU.

Ini Isinya Dari hasil diagnosis dokter yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita, Risma mengalami sesak napas atau asma, maag akut serta kelelahan.

Risma menderita penyakit asma sejak usianya masih remaja atau belum menikah. Saat ini kondisi Risma terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Alat-alat medis yang terpasang di tubuh Risma telah dilepas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Obrolan Jokowi Saat Jenguk Risma di Rumah Sakit".

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas