News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Tes Kesehatan Anies-Cak Imin Bakal Dimulai Besok Pagi di RSPAD Gatot Soebroto

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Relawan menunggu kedatangan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di depan Gedung KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) menjadi pasangan yang pertama mendaftar di KPU sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang diusung tiga partai yakni Partai Nasdem, PKB dan PKS. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Laporan Wartawan Tribunnnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan dimulai pada pukul 07.00 WIB, Sabtu (21/10/2023).

Pemeriksaan ini bakal dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

“(Pemeriksaan mulai) pukul 7,” kata Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Albertus Budi Sulistya saat dikonfirmasi, Jumat (20/10/2023).

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan pemeriksaan yang bakal berlangsung dari pagi ini akan menjalani prosedur dari pengambilan urine, darah, hingga mengharuskan pasangan calon untuk berpuasa.

"Pemeriksaan mulai dari pagi, karena kan harus ada mengambil air seni, ambil darah, itu juga ada prosedur harus puasa dengan durasi sekian waktu, puasanya itu puasa makan, tapi tidak puasa minum," ujar ujarnya kepada awak media, dikutip Jumat.

"Kalau misalkan pemeriksaannya jam sekian, berarti mulai puasanya jam sekian, itu sudah diperhitungkan dengan tim pemeriksa di RSPAD," sambungnya.

Baca juga: Head To Head Prabowo Vs Ganjar Pranowo Vs Anies Baswedan versi Survei Terbaru LSI

Jika hasil kesehatan pasangan calon ada yang tidak memenuhi kriteria, Hasyim mengungkapkan tim pemeriksalah yang berwenang apakah tes akan dilakukan ulang atau tidak.

Selain pemeriksaan jasmani, beberapa instrumen tes psikologi juga bakal diterapkan nantinya bagi para pasangan calon.

"Jadi (tes) sehat jasmani rohani," tuturnya.

Sehingga dengan berbagai indikator maupun metode tertentu yang sudah ditentukan ini dapat diketahu apakah seseorang itu secara rohani dan jasmani mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden untuk satu periode ke depan.

Para pasangan capres cawapres yang telah mendaftar secara resmi ke KPU harus mengikut rentetan tes kesehatan yang difasilitasi langsung oleh lembaga penyelenggara ini sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) 19/2023.

Menyusul Anies-Imin, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal melakukan tes serupa keesokan harinya pada Minggu (22/10/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini