News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Anwar Usman: Harkat dan Martabat Saya sebagai Hakim Karier selama 40 Tahun Dilumat oleh Fitnah

Penulis: Daryono
Editor: Arif Fajar Nasucha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua MK, Anwar Usman. Anwar Usman menyebut karirnya sebagai hakim dilumat oleh fitnah

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menyebut harkat dan martabatnya sebagai hakim karier selama hampir 40 tahun dihancurkan oleh fitnah yang keji dan kejam.

Hal itu disampaikan Anwar Usman merespons putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang mencopot dirinya dari posisi Ketua MK.

"Saat ini harkat, derajat, martabat saya sebagai hakim karier selama hampir 40 tahun dilumatkan oleh fitnah yang amat keji dan kejam," kata Anwar Usman dalam konferensi pers, Rabu (8/11/2023), dikutip dari Breaking News KompasTV.

Ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menegaskan, meski mendapat fitnah, dirinya menegaskan tidak berkecil hati dan tidak akan mundur dalam posisinya sebagai hakim untuk menegakkan hukum dan keadilan.

Anwar Usman menyebut skenario sebaik apapun yang dilakukan oleh manusia untuk membunuh karakter dan kariernya tidak akan lebih baik dibanding skenario Tuhan YME.

"Saya tetap yakin bahwa sebaik-baik skenario siapapun untuk membunuh karakter saya, karier saya, hakat dan derajat serta martabat dan keluarga besar saya tentu tidak akan lebih baik dan indah dibandingkan skenario atau rencana Allah SWT, Tuhan YME," ujarnya.

Baca juga: Media Asing Soroti Pencopotan Anwar Usman sebagai Ketua MK, Singgung soal Gibran Jadi Cawapres

Pernyataan tersebut merupakan satu dari 16 poin pernyataan yang disampaikan Anwar Usman.

Di awal pernyataanya, suami Idayati ini mengaku telah mengetahui adanya politisasi untuk menjatuhkan dirinya melalui pembentukan MKMK sebelum MKMK resmi dibentuk olehnya.

"Sesungguhnya, saya mengetahui telah mendapatkan kabar bahwa upaya untuk melakukan politisasi dan menjadikan saya sebagai objek di dalam berbagai putusan MK dan putusan MK terakhir dan wacana pembentukan MKMK (permanen) telah saya dengar sebelum MKMK terbentuk," ujarnya. 

Meski mengaku telah mengetahui adanya pihak yang bakal menjatuhkan dirinya melalui MKMK, Anwar Usman menyatakan tetap membentuk MKMK sesuai dengan tugas dan tanggungjawab sebagai Ketua MK. 

Anwar Usman buka suara usai dicopot sebagai Ketua MK oleh MKMK, Rabu (8/11/2023). (YouTube MK)

Selanjutnya, Anwar menyebut pihak yang mencoba membunuh karakternya hanyalah skenario belaka.

Hal tersebut lantaran menurutnya, skenario terbaik adalah yang sudah digariskan oleh Tuhan.

Kemudian, Anwar turut menyinggung pencopotannya sebagai Ketua MK dengan menyebut tidak membuatnya merasa terbebani.

"Sehingga pemberhentian saya sebagai Ketua MK, tidak sedikitpun membebani saya. Saya yakin dan percaya bahwa semua di balik ini, insya Allah ada hikmah besar yang akan menjadi karunia bagi saya dan keluarga besar saya, sahabat, dan Handai Taulan, terkhusus MK, dan seluruh nusa dan bangsa," jelasnya.

Baca juga: Respons soal Anwar Usman Dicopot dari Ketua MK: Ganjar Hormati Putusan MKMK, Mahfud MD Beri Pujian

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini